Artikel Terbaru

Tuesday, August 18, 2020

TEKNIK DASAR BERMAIN SEPAK TAKRAW

     Untuk bermain sepak takraw seseorang dituntut untuk mempunyai kemampuan atau keterampilan berupa kemampuan dasar yang terdiri dari menyepak dengan menggunakan bagian-bagian kaki, memainkan bola dengan kepala, dengan dada, paha, bahu, dan dengann telap kaki (Denny,dkk,1994:4)

Adapaun keterampilan bermain sepak takraw mempunyai berbagai komponen teknik-teknik dasar permainan sepak takraw, yaitu sepakan yang terdiri dari sepak sila, sepak kuda, sepak cungkil, sepak telapak kaki, kemudian mengkop, menahan dengan dada, menahan dengan paha dan menahan dengan bahu (Diktora, 1980:4)

Penguasaan keterampilam sepak takraw diperlukan, keterampilan yang dimaksud dapat berupa keterampilan individu, dan keterampilam penguasaan pertandingan. Keterampilan individu meliputi: Sepak silat, sepak kuda, sepak petik, sepak badik, sepak cangkuk, menggunakan paha, dan menyndul bola. Sedangkan keterampilan penguasaan pertandingan meliputi: sepak mula, timangan, memberikan umpan, melakukan smesh, dan melakukan block (Abd Rahman,1996:3).

Untuk bermain sepak takraw yang baik, seseorang dituntut untuk mempunyai kemampuan dasar bermain sepak takraw. Kemampuan dasar berupa menyepak dengan menggunakan bagian-bagian kaki, memainkan bola dengan kepala, dengan dada, paha, bahu, dan dengan telapak aki antara satu dengan yang lainnya merupakan satu kesatuan yang tidak terpisahkan. Tanpa menguasai kemampuan dasar atau teknik dasar, sepak takraw tidak dapat dimainkan denag baik (Denny,dkk,1999:4)

Sepakan dalam permaian sepak takraw merupakan gerakan dominan, karena dalam permainan sepak takraw lebih banyak dimainkan dengan kaki, di antara kemampuan menyepak antara lain sepak sila. Adapun sepak sila adalah menyepak bola dengan menggunakan kaki bagian dalam sepak sila digunakan untuk menerima dan menimang atau menguasai bola, mengumpan antara bola dan untuk menyelamatkan serangan lawan (Denny,dkk,1999:4)

Kemampuan atau keterampilam seseorang dalam memainkan bola sepak takraw dengan menggunakan komponen-komponen teknik dasar yang terdiri dari menyepak dengan menggunakan bagian-bagian kaki berupa sepak sila, sepak kuda, sepak cungkil, sepak telapak kaki, kemudian memainkan bola dengan kepala, dengan dada, pada, bahu.

- Menimang Bola

Menimang bola dalam permainan sepak takraw dapat dilakukan dengan cara: (1) menggunakan kaki bagian dalam, (2) menggunakan punggung kaki, (3) menggunakan paha, (4) menimang bola dengan menggunakan kepala.

a. Menimang bola dengan menggunakan kaki bagian dalam dengan sepak sila.

Sepak sila adalah menyepak bola dengan menggunakan kaki bagian dalam (Denny,dkk,1999:4)

b. Menimang dengan punggung kaki dengan sepak kura

Sepak kura adalah sepakan atau menyepak dengan menggunakan kura kaki atau menyepak dengan punggung kaki (Denny, dkk, 1999:4)

Sepak kura digunakan untuk memainkan bola yang datangnya rendah dan kencang atau keras atau menyelamatkan bola dari serangan lawan, untuk bertahan, mengawal atau menguasai bola dalam usaha menyelamatkan.

c. Memaha

Memaha adalah memainkan bola dengan paha dalam usaha mengontrol bola (Denny,dkk,1999:4)

d. Menyndul Bola

Menyndul atau main kepala adalah memainkan bola dengan kepala. Bola dipukul dengan bagian kepala, misalnya dengan dahi, samping kanan kepala, samping kiri kepala dan ke bagian belakang kepala (Darwis, 1992:37)



Sumber: Keplatihan dasar Sepak Takraw; Achmad Sofyan Hanif; Penerbit Rajagrafindo Persada; 2015; Jakarta

No comments:

Post a Comment