Artikel Terbaru

Tuesday, November 17, 2020

DISKURSUS MAKNA PERKEMBANGAN OLAHRAGA DI INDONESIA

Para pembaca yang kami hormati, seperti telah disebutkan sejak terbentuknya pintu gerbang kemerdekaan Indonesia melalui proklamasi kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus 1945, perhatian para pemimpin kita terhadap olahraga semakin besar, terutama olahraga disekolah. 

Sejalan dengan perkembangan maknanya dari waktu ke waktu, perkembangan tersebut mencerminkan makna yang berkembang pada saat dan pada zamannya. Tidak mengherankan jika sampai saat ini perkembangan istilah olahraga di sekolah telah mengalami beberapa perubahan, mulai dari istilah gerak badan, pendidikan jasmani, olahraga, olahraga pendidikan, pendidikan olahraga, dan pendidikan jasmani dan olahraga.


Demikian juga denga perkembangan olahraga di masyrakat, olahraga telah mengambil tempat tersendiri dan memainkan peranan penting dalam kaitannya dengan keberhasilan pembangunan. dalam implemtasinya olahraga tampil dalam beragam istilah yang mencerminkan arah orientasi dan kekhasan masing-masing. Kita mengenal istilah olahraga amatir, olahraga profesional, olahraga kesehatan, olahraga prestasi, olahraga pendidikan, dan olahraga rekreasi.

Dalam kaitan itu, kita akan membahas secara lebih rinci tentang perkembangan olahraga di sekolah dan juga di masyarakat. Oleh karena itu, setelah mempelajari artikel ini diharapkan pembaca memiliki kemampuan khusus untuk:

  1. Menguraikan perkembangan olahraga di sekolah pada masa gerak badan (1945-1950)
  2. Menjelaskan perkembangan olahraga pada masa pendidikan jasmani (1950-1961)
  3. Mendeskripsikan perkembangan olahraga pada masa olahraga (1961-1966)
  4. Menerangkan perkembangan olahraga pada masa olahraga pendidikan (1967-1977)
  5. Menerangkan perkembangan olahraga olahraga pada masa pendidikan olahraga dan penjaskes (1978-sekrang)
  6. Menganalisis perbedaan antara perkembangan olahraga pada masa gerak badan, pendidikan jasmani, olahraga, olahraga pendidikan, pendidikan olahraga dan pendidikan jasmani dan olahraga,
  7. Menjelaskan perbedaan antara olahraga amatir dengan olahraga profesional.
  8. Menganalisis antara olahraga kesehatan dengan olahraga prestasi.




H.J.S Husdarta, 2010, Sejarah dan Filsafat Olahraga, Alfabeta, Bandung 

No comments:

Post a Comment