Artikel Terbaru

Friday, September 11, 2020

SEPERTI APAKAH PROSEDUR PEMBELAJARAN BERDASARKAN PENEMUAN

Dalam sistem pembelajaran ini, seorang guru tidak langsung menyajikan bahan pelajaran. Akan tetapi, disini anak didik diberi peluang untuk menemukan sendiri suatu persoalan dengan menggunakan pendekatan problem solving.


Selain itu, Abu Ahmadi dan Joko Tri Prasetya mengemukakan secara garis besar bahwa prosedur pembelajaran berdasarkan penemuan (discaveri base learning) adalah sebagai berikut:

1. Simulation

Guru mengajukan persoalan atau meminta anak didik untuk membaca atau mendengarkan uraian yang memuat persoalan.

2. Problem Statement

Dalam hal ini, anak didik diberi kesempatan mengidentifikasi berbagai permasalahan. Dalam hal ini, bimbing mereka untuk memilih masalah yang ipandang paling menarik dan fleksibel untuk dipecahkan. Kemudian, permasalahan yang dipilih tersebut harus dirumuskan dalam bentuk pertanyaan atau hipotesis.

3. Data Collection

Untuk menjawab pertanyaan atau membuktikan hipotesis, anak didik diberi kesempatan untuk mengumpulkan data dan informasi yang dibutuhkan, seperti membaca literasi, mengamati objek, melakukan wawancara dengan narasumber melakukan uji coba sendiri, dan lain sebagainya.

4. Data Processing

Semua informasi hasil bacaan wawancara observasi diklasifikasikan dan ditabulasi, bahkan bila perlu dihitung dengan cara tertentu, serta ditafsirkan pada tingkat kepercayaan tertentu.

5. Verification

Berdasarkan hasil pengolahan dan tafsiran atau informasi yang ada, pertanyaan hipotesis yang dirumuskan sebaiknya dicek terlebih dahulu, apakah bisa terjawab dan terbukti dengan baik sehingga hasilnya akan memuaskan.

6. Generaliatzion

Dalam tahap generalitazion, anak didik belajar menarik kesimpulan dan generalisasi tertentu.

Sisitem yang dikembangkan Brunner sejatinya menggunakan landasan pemikiran dan pendekatan belajar-mengajar bahwa hasil belajar dengan cara ini lebih mudah dihafal dan diingat, serta mudah untuk ditransfer dalam memecahkan masalah. Dengan prosedur tersebut, para anak didik diharapkan mampu memahami dengan penuh, para anak didik diharapkan mampu memahami dengan penuh, penerapan discavery strategy yang dilaksnakan di berbagai sekolah. Paling tidak, dengan prosedur yang telah disebutkan, akan lebih mempermudah siswa dlaam melaksanakan discavery strategy. Dengan demikian pelaksanaan discavery strategy sebagai strategi alternatif dapat diimplementasikan dalam rangka membangun karier pada masa depan.



Sumber: Pembelajaran Discavery Strategy dan Mental Vocation Skill; Muhammad Takdir Ilahi; Penerbit Diva Press; 2012; Jogjakarta 

No comments:

Post a Comment