Artikel Terbaru

Monday, August 17, 2020

KARAKTERISTIK PERMAINAN SEPAK TAKRAW

  Permainan sepak takraw termasuk suatu permainan yang dilakukan di atas lapangan empat persegi panjang, rata, baik terbuka maupun tertutup, serta bebas dari segala rintangan. Lapangan dibatasi oleh net. Bola yang dipakai terbuat dari rotan atau plastik synthetic fibre yang dianyam bulat. Permainan ini menggunakan seluruh anggota tubuh, kecuali tangan dan bola dimainkan dengan mengembalikannya ke lapangan lawan melewati net.

Sepak takraw merupakan perpaduan atau pengembangan tiga macam permainan, yaitu sepakbola, bola voli, dan bulutangkis. Dikatakan sama dengan sepakbola karena permainan itu dimainkan dengan menggunakan kaki dan anggota badan yang lain keculai tangan. Dikatakan bola voli karena ada taktik umpan, blok, smash dan dikatakan bulutangkis karena ukuran lapangan dan net hampir sama dengan bulutangkis serta sistem penghitungan nilai (darwis dan Basah, 1992;2).

Sepak takraw adalah cabang olahraga yang dipertandingkan dan hasil yang dimodifikasi olahraga asli tradisional sepak raga, cara penilaian dan cara bermain atau peraturan permainannya sangat jauh berbeda (Tampubolon,1996:6). Menurut Waharso, permainan sepak takraw adalah permainan yang pelaksanaanya seperti pada permainan dengan net yang sederhana dapat dikatakan seperti dalam permainan kombinasi bola voli dan bulutangkis. Cara memainkan bola pada sepak takraw dengan menggunakan kaki, kepala atau badan, asalkan dalam keadaan memantul (1997:1)

Secara garis besar teknik dasar bermain sepak takraw meliputi: (1) sevis yang dilakukan tekong, (2) menimang, (3) smash, (4) heaading, dan (5) blok (Depdikbud, 1982:27).

Sedangkan ukuran lapangn sepak takraw ini: (1) ukuran lapangan empat persegi panjang dengan ukuran 13,40x6,10 meter, (2) tinggi net putra 1,55 meter di pinggir dan minimal 1,52 meter di tengah, (3) berat bola antara 170-180 gram untuk putra dan 150-160 gram untuk putri dan keliling bola 42-44 cm untuk putra dan 43-45 cm untuk puteri, (4_ jumlah pemain satu regu 3-4 orang (Adam, 1997;7-9).

Ukuran lapangan sepak takraw atau luasnya menyerupai ukuran lapangan bulutangkis, seperi yang dipergunakan untuk posisi ganda atau berpasangan, hanya di sepak takraw dipergunakan untuk 3 orang pemain. Sehingga para pemain sepak takraw mampu menguasai lapangan dengan permainan sepak takraw baik untuk memberikan umpan maupun melakukan smesh.



Sumber: Keplatihan dasar Sepak Takraw; Achmad Sofyan Hanif; Penerbit Rajagrafindo Persada; 2015; Jakarta

No comments:

Post a Comment