Artikel Terbaru

Monday, August 17, 2020

MEMAKSIMALKAN PASSING DALAM SUATU PERTANDINGN FUTSAL

Passing atau mengumpan bola dilakukan agar bola tetap berada dalam penguasaan seraya mencari celah untuk membongkat pertahanan lawan. Mengumpan bola secara cepat dan tepat akan membuat lawan menjadi frustasi dan kebingungan kaarena harus berlari ke sana ke sini ke mari untuk mencuri bola.

Strategi passing yang dilakukan dengan tujuan membangun serangan, umpan satu-dua dapat menjadi pilihan yang tepat. Cara passing dengan umpan satu-dua ini dilakukan dengan sangat cepat dn biasanya menyusur ke depan wilayah pertahanan lawan. Sedangkan untuk passing pendek dan passing panjang, umumnya dilakukan untuk menguasai lapangan pertandingan. Passing ini menyusur ke semua wilayah, baik wilayah pertahanan sendiri ataupun wilayah pertahanan tim lawan.

A. Mengerti Ketepatan Waktu Saat Melakukan Passing

Passing yang dilakukan pada waktu yang tepat akan menghasilkan permainan yang baik pula untuk tim. Pemilihan waktu yang tepat di sini adalah saat seorang pemain mengumpan bola kepada rekannya yang lain, pemain tersebut terlebih dahulu memastikan posisi rekannya itu. Si pemain juga harus mampu memutuskan apakah dengan permukaan lapangan atau melakukan umpan lambung, setelah meyakini bahwa rekannya berada dalam kondisi siap menerima umpan.

Umpan yang dilakukan pada waktu yang tidak tepat akan terbaca oleh tim lawan yang kahirnya bola akan mudah dikuasai oleh pemain lawan.

B. Kekuatan Passing

Selain waktu yang tepat, seorang pemain yang ingin melakukan passing juga harus mengatur kecepatan bola saat melakukan umpan. Bola passing denga laju yang telalu cepat akan menyulitkan rekan setim menerima umpan tersebut. Namun, apabila lajunya terlalu lambat maka bola bisa direbut oleh pemain lawan sebelum sampai pada rekan satu tim.

C. Keakuratan Passing

Perlu latihan berkala dalam melakukan passing yang akurat. Sebetulnya, dalam melakukan passing yang akurat, seorang bukan hanya harus menguasai teknik passing yang baik, namun juga mampu menguasai keadaan. Hal terakhir ini berhubungan dengan mental si pemain itu sendiri. Ada suatu saat dimana seorang pemain melakukan passing yang terukur untuk rekannya yang kemudian mampu menghasilkan gol lewat umpan yang akurat tersebut.

Beberapa variasi passing yang cona dikembangkan oleh suatu tim pada pertandingan futsal di antaranya:

- Melakukan passing di antara pemain lawan

- Melakukan passing saat posisi menguntungkan

- Melakukan passing dengan cara menyilang

- Melakukan passing ke belakang



Sumber: Buku Pintar Panduan Futsal; Muhammad Asriady Mulyono; penerbit laskar aksara; 2014; Jakarta

No comments:

Post a Comment