Artikel Terbaru

Thursday, August 6, 2020

DAERAH PENALTI PADA PERMAINAN FUTSAL

   
    Sama seperti ssepakbola, futsal juga mengenal adanya tendangan penalti. Tendangan penalti merupakan sebuah tendangan yang diberikan kepada tim yang sebelumnya pemain dari tim bersangkutan dilanggar oleh pemain tim lawan yang sedang bertanding. Pelanggaran yang berubah penalti bagi sebuah tim akan dibahas pada bahasan selanjutnya. Jika pada permainan sepakbola hanya dikenal satu titik penalti, dalam permainan futsal terdapat dua titik pinalti. Dalam permainan sepakbola, titik penelti juga disebut titik putih.

    Pada masing-masing lapngan yang digunakan sebagai wilayah kedua tim yang bermain, terdapat daerah penalti. Jika pada lapangan sepakbola, daerah penalti merupakan wilayah berbentuk persegi, pada permainan futsal, daerah penalti merupakan sebuah daerah yang berbentuk garis seperempat lingkaran yang letaknya di setiap sisi akhir dari lapangan.

    Seperempat lingkaran yang merupakan wilayah penalti pada permainan futsal memiliki radius hingga 6 meter. Radius 6 meter ini terletak di tengah-tengah garis gawang. Garis yang menjadi penanda seperempat lingkaran daerah penalti dihubungkan dari sisi luar dua tiang gawang.

    Garis seperempat lingkaran ini selain memiliki sisi luar, juga memiliki sudut atau bagian atas yang garisnya lebih lurus. bagian atas seperempat lingkaran daerah penalti ini memiliki panjang 316 cm. Garis bagian atas seperempat lingkaran ini berada tepat sejajar dengan garis gawang.

A. Titik Penalti Pertama
    Dalam hal ini merupakan titik penalti pertama. Letak titik penalti pertama ini merupakan titik tengah posisi kedua tiang gawang yang ditarik lurus secara vertikal dengan jarak antara titik tengah gawang tersebut dengan titik pengembalian tendangan penalti adalah sepanjang 6 meter.

B. Titik Penalti Kedua
    Jika pada titik penalti pertama, letak titik penalti hanya 6 meter dari titik tengah tiang gawang, titik penalti kedua ini berjarak 10 meter dari titik tengah tiang agwang, atau lebih panjang 4 meter dari jarak titik penalti pertama.












    Point keputusan dan penegasan FIFA mengenai wilayah penalti adalah: Apabila ukuran garis gawang antara 15 meter hinggaa 16 meter maka jarak seperempat lingkaran wilayah penalti hanya 4 meter saja. Sehingga dalam hal ini, titik putih penalti tidak lagi berada pada garis wilayah penalti, akan tetapi posisinya pada jarak 6 meter dari titik tengah antara posisi tiang gawang.

Sumber: Buku Pintar Panduan Futsal; Muhammad Asriady Mulyono; Penerbit laskar aksara; Jakarta; 2014

No comments:

Post a Comment