Artikel Terbaru

Monday, December 28, 2020

VITAMIN LARUT DALAM AIR, VITAMIN B8 (BIOTIN)

Vitamin B8 atau yang sering disebut juga dengan biotin meripakan salah satu dari rangkaian vitamin B-kompleks meskipun sebagian pustaka menyebutkan vitamain H. Di dalam tubuh, vitamin ini dikonversi dalam bentuk koenzim biocytin.


1. Absorpsi, Transportasi, dan Eksresi Vitamin B8

Vitamin yang terikat pada protein ini dihidrolisis menjadi biositin yang diabsorpsi bersama biotin bebas dalam bagian atas usus halus. Biotin secara aktif falam duodenum dan ileum bagian atas serta disiman dan digunakan setelah diubah menjadi biotin 5-adenilat di dalam hati, otot dan ginjal.

Biostin dihidrolisis menjadi biotin di dalam plasma. Biotin dan metabolinya dikeluarkan melalui urin dalam jumlah 6-50 ug/hari.

2. Fungsi Vitamin B8

Fungsi biotin bagi tubuh baru ditemukan dewasa ini, dimana biotin berperan penting dalam metabolisme karbohidrat, lemak dan protein untuk menghasilkan energi.

Selain itu, biotin membantu dalam pertumbuhan sel, memelihara kesehatan jaringan tubuh dan sumsum tulang, meringankan sakit otot dan dalam penggunaan vitamin B-kompleks yang lain.

Untuk memperoleh rambut dan kulit yang sehat diperlukan biotin dalam jumlah yang cukup. Biotin erat kaitannya dengan asam pantotenat dan vitamin B12.

3. Angka Kecukupan Vitamin B8

Dosis harian yang diizinkan (RDA) adalah 0,15 mg (=150 mikro grams) per hari.

4. Sumber Vitamin B8

Umumnya defisiensi tidak terjadi pada seseorang yang mengkonsumsi berbagai makanan karena biotin ditemukan dalam berbagai jenis makanan.

Sumber penting biotin berasal dari telur, susu, daging, ikan, tomat, anggur, semangka, cherry, kenari, dan kemiri.

5. Akibat Kekurangan Vitamin B8

Defisiensi/kekurangan konsumsi biotin akan menyebabkan hal fatal seperti pelepasan kulit, kulit pucat, kadar hemoglobin menurun, kondisi tubuh jelek, uban dini, otot lembek atau sakit, nafsu makan kurang atau mual-mual, eksema atau radang kulit, kadar kolesterol naik sedangkan kadar biotin urin turun sampai 1/10 dari normal.

6. Akibat Kelebihan Vitamin B8

Para ahli menyarankan untuk tidak mengkonsumsi biotin lebih dari 300 mg per hari kecuali di bawah pengawasan medis karena kelebihan konsumsi biotin dapat menimbulkan keracunan.




Sumber: Dewi Cakrawati, Mustika NH; 2011; Bahan Pangan, GIzi, dan Kesehatan; Alfabeta; Bandung.

No comments:

Post a Comment