Artikel Terbaru

Thursday, November 12, 2020

FUNGSI MAKANAN TERHADAP MANUSIA

 Makanan memiliki berbagai macam fungsi, yaitu:

1. Fungsi Fisiologis Makanan

Fungi ini berkaitan dengan peran maknan dalam tubuh. Makanan menjadi sumber energi untuk melakukan kegiatan/aktivitas. Selain itu, makanan berperan dalam pertumbuhan dan pemeliharaan jaringan tubuh. Zat-zat tersebut diperlukan untuk membantu sel-sel baru, memlihara, dan mengganti sel yang rusak. 

Makanan juga berperan dalam membangun struktur sel atau jaringan dalam tubuh. Misalnya protein bertujuan mengatur keseimbangan air dalam sel, bertindak sebagai buffer dalam upaya memlihara netralitas tubuh dan membentuk antibodi sebagai penangkal prganisme yang bersifat infeksi dan bahan-bahan asing yang dapat masuk ke dalam tubuh. 

Vitamin dan mineral sebagai pengatur dalam proses-proses oksidasi, fungsi normal saraf dan otot, seperti dalam darah, cairan pencernaan, jaringan, mengatur suhu tubuh, peredaran darah, pembuangan sisa-sisa/ekskresi dan lain-lain.


2. Fungsi Sosial Budaya

Pangan menjadi topik utama dalam persoalan eksistensi suatu masyarakat. Hal ini berkaitan dengan kehidupan sosial, kebudayaan dan kehidupan beragam. Makanan-makanan tertentu dijadikan ciri khas dalamperayaan-perayaan tertentu, seperti ketupat saat hari saya Idul Fitri ataupun kue natal pada perayaan umat Kristiani. Makanan pun bisa dijadikan ungkapan rasa cinta, persahabatan, dan jugasimbol kebahagiaan seperti kue tart dalam pesta, nasi tumpeng dan lain sebagainya.

3. Fungsi Psikologi Makanan

Makanan harus dapat memberikan kepuasan secara emosional, termasuk rasa perlindungan, kasih sayang dan perhatian. Aspek ini penting untuk mendukung penerimaan konsumen misalnya perencanaan menu keluarga agar tidak hanya memenuhi kebutuhan gizi saja, tetapi juga dapat dinikmati dengan rasa senang dan puas.


Sumber: Dewi Cakrawati dan Mustika NH, 2011, Bahan pangan, Gizi, dan Kesehatan, Alfabeta, bandung


No comments:

Post a Comment