Artikel Terbaru

Friday, November 13, 2020

FUNGSI ZAT GIZI PADA KONSEP DASAR ILMU GIZI

Fungsi zat gizi secara umum adalah sebagai sumber energi, zat gizi pembangun dan pengatur. Fungsi tersebut dapat dipenuhi dari makanan yang dikonsumsi sehari-hari mencakup nasi, ikan, daging, telur, susu, sayuran, buah, gula, margarin, dan lain sebagainya. Setiap kelompok gizi memiliki fungsi masing-masing, seperti karbohidrat, protein, lemak, mineral, vitamin dan juga iar. Serat pun kini menjadi komponen yang penting dalam komposisi diet makanan sehari-hari. Berikut ini dari zat-zat yang terdapat dalam makanan:


1. Karbohidrat
Karbihidrat dalam makanan dapat berbentuk pati seperti yang terdapat dalam sereal ataupun gula seperti yang terkandung dalam buah-buahan. Fungsi utama karbohidrat adalah menyediakan energi yang dibutuhkan tubuh. Kelebihan karbohidrat, disimpan sebagai glikogen atau diubah menjdai lemak yang siap diubah kembali menjadi energi ketika tubuh membutuhkannya.

2. Lemak
Lemak dalam makanan dapat berbentuk minyak seperti yang ditemukan dalam biji-bijian, mentega, ataupun berebntuk lemak seperti yang terdapat dalam daging. Lemak berperan dalam penyediaan energi, melarutkan vitamin larut lemak, juga sumber asam-asam lemak esensial. Selain itu, lemak berperan dalam pembentukan membran sel, agen pengemulsi, isolator panas tubuh, melindungi organ tubuh dan bersama protein sebagai alat angkut dalam metabolisme. Kelebihan lemaj disimpan dalam tubuh yang akan diubah menjadi energi bila dibutuhkan oleh tubuh.

3. Protein
Protein dalam makanan dapat berupa kasein yang ada dalam susu, atau albumin dalam telur, globulin dalam kacang-kacangan dan gluten dalam gandum. Fungsi utama dari protein adalah membentuk jaringan baru dan memperbaiki jaringan yang rusak dalam tubuh. Protein pun berperan dalam sintesis enzim, hormon, antibodi juga sebagai penyedia energi, mengatur zat-zat gizi. Kelebihan protein diubah menjadi karbohidrat dan lemak yang disimpan dalam tubuh.

4. Mineral
Kalsium, fosfor, besi, iodin, merupakan sebagian mineral yang ditemukan dalam bahan pangan dalam bentuk komposisi organik dan anorganik. Mineral dibuthkan dalam pembentukan tubuh seperti pembentukan tulang, gigi dan struktur jaringan. Mineral juga berperan dalam pengaturan proses metabolisme dalam tubuh seperti kontraksi otot, stimulus saraf, dan lain-lain.

5. Vitamin
Vitamin yang ada dalam makanan terdiri ata vitamin larut lemak seperti vitamin A, D,E,K dan juga vitamin larut dalam air seperti vitamin B dan C. Vitamin berperan sebagi pengatur pada proses metabolisme dalam tubuh.

6. Air
Air diperoleh dari makan yang dikonsumsu dan sebagian besar dari air yang diminum. Air adalah bagian penting dalam struktur tubuh dan jumlahnya sekitar 60% dari berat tubuh. Air berperan sebagai pelarut mzterial zat gizi dan juga pembuangan ampas makanan.
Semua orang membutuhkan energi untuk beraltivitas, tetapi jenis dan banyaknya, perbedaan usia, kondisi tubuh dan sebagainya mempengaruhi kuantitas zat gizi yang diperlukan tubuh.



Sumber: Dewi Cakrawati dan Mustika NH, 2011, Bahan Pangan, Gizi, dan Kesehatan, Alfabeta, Bandung.

No comments:

Post a Comment