Artikel Terbaru

Tuesday, November 10, 2020

PENCEGAHAN CEDERA OLAHRAGA, KESEHATAN DAN PERLINDUNGAN PRIBADI

A. Pencegahan Cedera

Mencegah cedera bagi atlet jauh lebih penting daripada mengobati cedera. Hal ini didasarkan pada pertimbangan: seringan apapun cedera olahraga dapat mengganggu penampilan dan menghambat pencapaian prestasi tinggi. Yang penting diperhatikan agar tidak terjadi cedera diantaranya:


a. Upaya pencegahan yang bersifat pribadi dengan cara memiliki kondisi fisik atau kebugaran jasmani yang prima, mematuhi peraturan permainan, perlombaan, dan pertandingan, menggunakan alat perlindungan yang adekuat, pemeriksaan kesehatan secara rutin, sebelum berlatih dan bertanding selalu melakukan pemanasan dan pendinginan. 

Hal ini sangat penting agar sistem fungsi tubuh maupun beradaptasi terhadap beban latihan atau pertandingan dan tubuh mampu membuang sampah metabolisme dengan baik.

b. Uapaya dari sudut sarana dan prasarana, termasuk diantaranya adalah: perlengkapan dan peraturan yang melindungi atlet, dan fasilitas olahraga yang baik untuk berlatih atau bertanding.

B. Kesehatan dan Perlindungan Pribadi

Tingkat higiene yang baik akan sangat membantu dalam upaya meningkat kesehatan secara keseluruhan. Perlindungan pribadi lebih menitikberatkan pada kelengkapan persiapan secara perseorangan baik fisik, psikis, dan sosial. Higiene pribadi berkaitan dengan pengaturan: istirahat, makanan dan minuman, dosis latihan, dan latihan mengatur ketegangan mental.




Sumber:  Hj. Dewi Laelatul Badriah; 2013; Cedera Olahraga; Multazam;  Bandung

No comments:

Post a Comment