Artikel Terbaru

Tuesday, November 10, 2020

CEDERA PADA ENGKEL PADA SAAT OLAHRAGA

Cedera pada engkel yang paling sering terjadi adalah tendon Achiles. Tendon acehilis merupakan tendon yang paling penting untuk mampu mengungkit beban tubuh pada saat melakukan berbagai gerakan yang membutuhkan tenaga eksplosif pada saat melompat, menendang, dan berlari.



Tendon Achiles sering mengalami strain tingkat I dan II, dan bila putus, maka mudah diraba, karena cekungan pada tendon Achiles tersebut dan kaki tidak dapat diplantar-fleksikan. Cedera tendon Achilles terdiri dari dua macam yaitu:

a. Perdangan peda tendon Achilles yang disebut achilles tendonitis. Merupakan peradangan pada tendon karena muskulus gastroknemius menarik dengan cara yang berlebihan sehingga terjadi strain. Ini banyak terjadi pada pelari pemula.

b. Foot baller,s ankle. Banyaak dijumpai pada pemain sepakbola karena terlalu sering hiperdorsofleksi maupun hiperplantarfleksi yang mengakibatkan robekan kapsul sendi engkle. Dampak kroniknya akan tumbuh tulang-tulang baru yang patologis yang disebut "osteofit". Ini yang menyebabkan engkel nyeri untuk digerakan.

Cara pencegahan cedera tersebut adalah dengan menggunakan sepatu yang baik tumitnya. Bila nyeri lakukan kompres ddeingin setelah lari dan porsi latihan dikurangi bila perlu hindari lari pada panjakan.

Untuk mengurangi peradangan dapar dilanjutkan dengan terapi panas dan menggunakan pelindung engkel yang baik. Bila terjadi robekan segera di bawa ke dokter ahli bedah untuk dilakukan perawatan.



Sumber:  Hj. Dewi Laelatul Badriah; 2013; Cedera Olahraga; Multazam;  Bandung

No comments:

Post a Comment