Artikel Terbaru

Friday, November 6, 2020

APLIKASI DALAM PENGEMBANGAN KARIER PADA MASA DEPAN

Substansi vocational skill dalam pembahasan ini sejatinya akan diarahkan pada kemampuan anak didik dalam mengembangkan kariernya. Sebab, tujuan akhir dari peningkatan mental vocational skill adalah bagaimana lulusan yang bersangkutan memiliki daya saing dan peluang untuk memasuki dunia kerja. Dalam hal ini, sekolah kejuruan mempunyai tanggung jawab untuk mencetak kader-kader yang terampil dan memiliki tantangan hidup di masa yang akan datang.


Pengembangan karier yang direncanakan secara matang akan membantu para anak didik untuk menuju kesuksesaan dan kebahagiaan dengan bekal pengetahuan dan keterampilan dalam berbagai aspek. Oleh karena itu, pengembangan karier pada masa depan harus direncanakan secara matang. Melalui pendekatan ini, diharapkan mereka mampu mempersiapkan tenaga terampil yang siap pakai dalam kehidupan masyarakat.

Pada masa-masa menjalani berbagai aktivitas keterampilan yang ada di sekolah, sebenarnya anak didik mempunyai konsistensi yang tinggi dalam meningkatkan dan mengembangkan keterampilan-keterampilan tersebut. 

Hal ini begitu penting, mengingat sebuah keterampilan membutuhkan etos kerja, kerja keras, semangat yang tinggi, dan kemampuan solutif dalam menghadapi setiap materi mengaplikasikan keterampilan tersebut dalam bentuk kehidupan yang nyata, misalnya keterampilan yang diterapkan di lingkungan masyarakat dan keluarga.

Pengembangan karier untuk memperoleh sebuah kesuksesan dan kebahagiaan pada waktu yang akan datang, pada dasarnya merupakan tujuan yang signifikan bagi perkembangan karier seseorang. Adapun tujuan pengembangan karier pasa masa depan adalah sebagai berikut:

1. To Aid in Achieving Individual and Organizational Goals

Pada dasarnya, tujuan pengembangan karier digunakan untuk membantu individu dalam mencapai sasaran organisasi. Secara umum, tujuan ini lebih menitikberatkan pada idealisme masing-masing individu pada masa depan. Melalui pengembangan karier, diharapkan mereka mampu merealisasikan dambaannya menjadi generasi yang unggul, ytangguh, potensial, dan mampu mengatasi persoalan kehidupan yang dihadapi.

2. To Indicate Concern for The Welfare oh The Individuals

Makan penting yang dapat dipahami dari pengembangan karier adalah komitmen anak didik dalam kegiatan tersebut. Secara faktual, pengembangan karier pada masa depan mempunyai dampak yang sangat besar untuk membantu berbagai kesulitan hidup dari masing-masing indivisu agar ia mampu memenuhi kebutuhan hidup dirinya sendiri.

3. To Helps Individuals Realize Their Potential

Pengembangan karier bagi seseorang sebenarnya tidak lepas dari kesadaran untuk membina potensi yang bersangkutan. Baginya, perubahan potensi memiliki peran penting dalam membangun karier di masa depan. Maka dari itu, ia perli menyadari bahwa perubahan potensi menjadi suatu keniscayaan untuk dikembangkan.

4. To Strengthen the Relationship Between the Individual Organization

Secara substansi, tujuan pengembangan karier adalah untuk memperkuat hubungan antaranak didik dan organisasi. Dalam pengembangan karier, mereka mempunyai kesempatan lebih besar untuk memperbanyak relasi dengan organisasi lain. Hal ini penting mengingat karier berkaitan dengan kemampuan mereka untuk melakukan kerja sama mengenai masa depan yang dihadapi.

Secara individual, setiap anggota organisasi harus siap mengembangkan dirinya dalam rangka penelitiannya kariernya. Menurut Agus Tulus, ada lima kegiatan pengembangan karier yang dapat dilakukan masing-masing individu, yaitu:

a. Prestasi Kerja

Kemajuan karier seseorang sangat tergantung pada prestasi kerja. Sebab, prestasi kerja yang baik mendasari semua kegiatan pengembangan kariernya.

b. Exposure

Kemajuan kinerja juga ditentukan oleh exposure, yakni akan dikenal oleh orang yang memutuskan promosi transfer dan kesempatan-kesempatan lainnya. Setelah itu, para menegerpun memperoleh exposure melalui prestasi kerja dan lain sebagainya.

c. Permintaan Berhenti

Hal ini merupakan salah satu cara untuk mencapai sasaran kegiatan ketika ada kemampuan karier di tempat lain, sehingga seseorang ingin pindah pekerjaan. Pindah pekerjaan adalah satu kunci strategi bagi sebagian manager profesional.

d. Kriteria Organisasional

Kriteria organisasional sering ikut menentukan terhadap kemajuan karier. Kegiatan orhanisasional yang rendah, pada umumnya dutemui oleh para sarjana baru, tetapi sering kecewa dengan tempat kerjaan pada profesional.

e. Kesempatan untuk Tumbuh

Kemapuan para karyawan dapat ditingkatkan dengan program pelatihan dan pengmbangan. Cara ini sejatinya memang menjadi salah satu aspek penting untuk menumbuhkan semangat mereka agar memotivasi yang dimiliki dapat berlipat ganda.





Sumber: Muhammad Takdir Ilahi; 2012; Pembelajaran Discavery Strategy dan Mental Vocation Skill; Diva Press;  Jogjakarta 

No comments:

Post a Comment