Artikel Terbaru

Friday, October 23, 2020

CEDERA PADA CABANG OLAHRAGA SENAM

Cedera yang terjadi pada cabang olahraga senam alat dan senam lantai ada beberapa kesamaan, terutama yang paling menonjol adalah cedera dislokasi baik pada ekstremitas ata maupun bawah. Hal ini sesuai dengan karakteristiknya yang didominasi oleh gerakan bertumpu, memutar, memilin, salto, dan mendarat. Namun demikian kasus geger otakpun sering ditemukan.


Jenis cedera yang terjadi pada senam adalah;

a. Cedera pada senam lantai: dislokasi pada sendi bahu, pergelangan tangan, dan pergelangan kaki, serta kejadian geger otak ringan hingga berat (sering terjadi pada teknik salto, dengan pendaratan bukan pada kaki, tetapi yang mendarat adalah kepala).

b. Cedera pada senam alat: dislokasi pada sendi bahu, siku, pergelangan tangan dan kaki, hematoma atau lecet karena gesekan dengan alat, dan geger otak pada palang tunggal, palang sejajar, palang bertingkat, gelang-gelang, dan kuda lompat. Pada nomor alat sangat memungkinkan terjadinya fraktur.

Perawatan yang dapat dilakukan adalah reposisi dan lakukan immobilisasi pada sendi yang mengalami dislokasi dan pemberian obat anti analgesic dan antiseptik.



Sumber:  Hj. Dewi Laelatul Badriah; 2013; Cedera Olahraga; Multazam;  Bandung

No comments:

Post a Comment