Artikel Terbaru

Monday, October 26, 2020

CEDERA PADA CABANG OLAHRAGA AIR

Cabang olahraga air dibagi menjadi beberapa macam yaitu: renang, loncat indah, polo air, dayung, ski air, dan berselancar. Jenis cedera yang sering terjadi adalah:

a. Cabang renang: kram kaki dan perut, memar kepala dan mata merah, tenggelam, serta swimmers shoulder.

b. Cabang loncat indah: pingsan, cedera pada discus intervertebralis, dan fraktur tulang leher.

c. Cabang polo air: luka pada kepala dan tangan, dislokasi tangan, pingsan, kejang-kejang, dan nyeri perut atau daerah genital karena tertendang.

d. Cabang dayung: blister pada telapak tangan dan lutut, strain pada otot punggung, nyeri pinggang, dan tenosinovitis dan tendonitis pada otot-otot ekstensor lengan bawah.

e. Cabang ski air: cedera lecet, luka, dan fraktur tulang iga, dislokasi ringan pada pergelangan kaki, strain pada otot-otot anggota atas, nyeri pada daerah lumbosakral, dan cedera karena beberapa lobang angota tubuh kita kemasukan air (sinusitis, otitts media, dan sapingitis)

f. Cabang selancar: luka lecet atau memarr terbentur papan, sprain dan strain otot anggota bawah, kram, heat stroke, pingsan dan tenggelam, serangan ikan hiu, dan gigitan binatang laut.



Perawatan yang segera dapat diberikan adalah pemberian obat antiseptic untuk yang luka lecet, berikan krim untuk yang lepuh, berikan pertolongan pernapasan buatan atau resusitasi.




Sumber:  Hj. Dewi Laelatul Badriah; 2013; Cedera Olahraga; Multazam;  Bandung

No comments:

Post a Comment