Artikel Terbaru

Tuesday, October 27, 2020

CEDERA PADA BAGIAN MULUT, TELINGA, DADA DAN BAHU SAAT OLAHRAGA

A. Cedera Pada Mulut

Cedera bagian mulut banyak terjadi pada cabang olahraga beladiri, utamanya tinju. Bagian yang mengalami cedera adalah: bibir dan gigi. Cedera ringan misalnya terjadi sobek bibir, sedangkan yang berat adalah rontoknya gigi dan patahnya tulang rahang.


Perawatan yang segera dapat dilakukan adalah memberikan kompres dingin dan memberikan tetesan adrenalin 1% dan lakukan immobilisasi bila terjadi patah tulang rahang.

B. Cedera Pada Telinga

Cabang olahraga bela diri dan cabang olahraga permainan khususnya rugby, sepak bola, bulutangkis, dan tenis sangat memungkinkan terjadi cedera telinga. Derajat mulai ringan hingga berat. Bentuk cedera yang banyak terjadi adalah pendarahan karena robek gendang telinga.


Gejala yang umum terjadi adalah: telinga terasa mendengung terus menerus, nyeri dan pusing yang berat, dan tidak bisa mendengar. Bila demikian segeralah dirujukkan kepada dokter THT.

C. Cedera Pada Bagian Dada dan Bahu

Cedera yang terjadi pada bagian dada dan bahu terdiri dari beberapa macam cedera yaitu: strain dan sprain dari otot, memar payudara, fraktur tulang rusuk, fraktur tulang belakang, paru, pleura, jantung dan pembuluh darah.




Sumber:  Hj. Dewi Laelatul Badriah; 2013; Cedera Olahraga; Multazam;  Bandung

No comments:

Post a Comment