Artikel Terbaru

Tuesday, October 27, 2020

LANGKAH-LANGKAH DALAM MELAKSANAKAN KEGIATAN EVALUASI PADA PEMBELAJARAN

Setiap kegiatan yang dilakukan, memerlukan langkah-langkah yang menjadi pedoman dalam merumuskan suatu kegiatan. Hal ini sama dengan kegiatan evaluasi yang dilaksanakan dlam rangka memperbaiki dan mengembangkan program pengajaran yang lebih baik dari sebelumnya. Adapun langkah-langkah dalam melaksanakan kegiatan evaluasi adalah sebagai berikut:


a. Merumuskan dan Mempertajam Tujuan Pengajaran

Dalam melaksanakan evaluasi, diperlukan langkah-langkah dalam merumuskan dan mempertajam tujuan pengajaran. Langkah ini berguna untuk mengetahui sejauh mana hasil yang dicapai dalam merumuskan dan mempertajam tujuan pengajaran yang telah direncanakan.

b. Mengkaji Kembali Materi Pengajaran Berdasarkan Kurikulum

Pengkajian materi pelajaran dalam kegiatan evaluasi mutlak diperlukan, karena pengkajian dapat menperdalam pemahaman anak didik dalam menerima materi pelajaran. Namun, yang perlu diperhatikan dalam pengkajian materi pelajaran adalah bagaimana pengkajian tersebut didasarkan pada kurikulum yang diterapkan di sekolah, sehingga dapat mempermudah langkah-langkah kegiatan evaluasi dalam kaitannya dengan penerapan discavery strategy.

c. Menyusun Alat Penilaian Tes dan Nontes

Setiap kegiatan evaluasi yang dilaksanakan, tidak pernah lepas dari alat evaluasi bahan penilaian yang digunakan dalam melaksanakan kegiatan evaluasi. Hal ini tergantung pada bagaimana program pengajaran guru dla menyusun alat evaluasi. 

Sebab, secara faktual, guru memegang peranan penting dalam setiap kegiatan evaluasi, termasuk penyusunan alat-alat evaluasi yang digunakan. Dengan demikian, belajar yang sempurna hanya dapat tercapai jika menggunakan alat evaluasi yang menyerupai realitas, sehingga anak didik semakin mudah dalam belajar.

d. Menggunakan Hasil Penilaian Sesuai dengan Tujuan Penilaian

Setelah menyusun alat penilaian, maka langkah berikutnya yang harus dilaksanakan adalah menggunakan hasil penilaian dalam perwujudan nyata. Langkah ini memerlukan langkah paling akhir dalam melaksanakan kegiatan evaluasi sebagai pedoman dalam merealisasikan program pengajaran yang sesuai dengan tujuan penilaian.

Hasil penilaian tersebut dapat digunakan untuk mengetahui sejauh mana keberhasilan yang diperoleh anak didik selama mengikuti materi pelajaran. Di samping itu, hasil penilaian juga akan memberikan kesimpulan yang strategis dalam mendayagunakan hasil penilaian sesuai dengan target yang akan dicapai, sehingga tak heran ketika alat evaluasi dalam kegiatan evaluasi sangat berperan untuk menentukan hasil penilaian. Sebagai sesuatu yang digunakan untuk mencapai tujuan pengajaran alat evaluasi mempunyai fungsi sebagai alat perlengkapan untuk mempermudah dalam mencapai tujuan.



Sumber: Muhammad Takdir Ilahi; 2012; Pembelajaran Discavery Strategy dan Mental Vocation Skill; Diva Press;  Jogjakarta 

No comments:

Post a Comment