Artikel Terbaru

Tuesday, October 27, 2020

CEDERA PADA BAGIAN LEHER DAN CEDERA PADA BAGIAN MATA PADA SAAT OLAHRAGA

A. Cedera Pada Bagian Leher

Cedera olahraga pada bagian leher memang sangat terjadi. Cedera pada bagian leher banyak dialami oleh atlet dari cabang rugby, gulat, balap motor, dan balap sepeda. Namun demikian dalam aktivitas fisik sehari-hari, sangat memungkinkan terjadinya cedera di bagian ini. 

Misalnya saja di pedesaan, sering kali anak-anak melakukan salto dan masuk ke dalam sungai dengan posisi leher dan kepala tidak ke dalam sungai dengan posisi leher dan kepala tidak benar, sehingga mengakibatkan retrofleksi yang dapat mengakibatkan patahnya tulang leher.


Akibat yang fatal dari cedera di bagian leher akan mengakibatkan kelumpuhan total, karena di bagian leher terdapat banyak sekali jaras dari medulla dan pola gerakan untuk beraktivitas keseharian.

Perawatan bagi cedera leher, segera lakukan RICE dengan bantuan bandaging, dan segera bawa ke RSU untuk pengecekan lebih lanjut.

B. Cedera Pada Bagian Mata

Cedera mata dapat terjadi pada beberapa cabang olahraga, baik pada olahraga permainan yang menggunakan bola/shuttlecock dan cabang olahraga bela diri terutama tinju.

Derajat cedera mata dimulai dari ringan sampai mengalami kebutaan karena biji mata mengalami kerusakan berat. Cedera mata ringan, misalnya luka di bagian kelopk mata dan apabila yang berat bila pukulan benda keras mengenai biji mata.


Perawatan yang dapat dilakukan bila luka luar, segera hentikan pendarahan dan dalam kondisi yang seringan apapun segera periksakan ke ahli mata.



Sumber:  Hj. Dewi Laelatul Badriah; 2013; Cedera Olahraga; Multazam;  Bandung

No comments:

Post a Comment