Artikel Terbaru

Thursday, September 10, 2020

SEPERTI APA LANGKAH-LANGKAH DAN PROSEDUR PEMBELAJARAN DISCAVERY STRATEGY

Pembahasan mengenai langkah-langkah dan prosedur pembelajran begitu penting, mengingat pembelajran discavery strategy membutuhkan pemahaman secara substansial dan integral. Oleh karena itu, langkah-langkah dan garis besar prosedur pembelajran discavery strategy menjadi suatu keniscayaan untuk diimplementasikan dalam kegiatan belajar-mengajar.

Tekanan-tekanan yang ada pada pembelajaran discavery strategy, sesungguhnya tidak lepas dari keterlibatan anak didik dalam pelaksanaan kegiatan ini, di mana antara guru dan anak didik sama-sama sebagai subjek pendidikan, dan tidak ada yang didudukkan sebagai objek pendidikan. dengan kata lain, untuk mempermudah penerapan discavery strategy, dibutuhkan langkah-langkah pokok yang harus dilalui terlebih dahulu, diantaranya sebagai berikut:



1. Adanya Masalah yang Akan Dipecahkan

Setiap strategy yang akan diterapkan pasti memerlukan analisis persoalan mengenai topik pembahasan yang sedang diperbincangkan. Dari persoalan itu, kita dapat mencari pemecahan masalah secara keseluruhan.

2. Sesuai dengan Tingkat Kemampuan Kognitif Anak Didik

Untuk dapat memahami pembelajaran discavery strategy, tidak sekedar berbekal kemampuan fisik saja yang dibutuhkan, akan tetapi juga tingkat pengetahuan para anak didik terhadap materi yang disajikan. Tingkat pengetahuan mereka dalam memahami pelajaran, pada gilirannya menjadi langkah primordial dalam pelaksanaan discavery strategy secara komprehensif.

3. Konsep atau Prinsip yang Ditemukan Harus Ditulis secara Jelas

Setiap persoalan yang disajikan dalam penerapan discavery strategy, semestinya diupayakan dalam kerangka yang jelas. Hal ini dimaksudkan agar penerapan discavery strategy dapat berjalan sesuai dengan kebutuhan kita.

4. Harus Tersedia Alat atau Bahan yang Diperlukan

Penerapan discavery strategy yang ditetapkan di berbagai sekolah, pada dasarnya membutuhkan alat atau bahan yang sesuai dengan tingkat kebutuhan anak didik.

5. Suasana Kelas Harus Diatur Sedemikian Rupa

Suasana kelas yang mendukung akan mempermudah keterlibatan arus berpikir anak didik dalam kegiatan belajar mengajar. Dalam penerapan discavery strategy, suasana kelas yang kondusif sangat membantu terhadap ikli, pembelajaran yang menyenangkan, sehingga siswa termotivasi untuk mengikuti materi pembelajaran discavery strategy.

6. Guru Memberikan Kesempatan Anak Didik untuk Mengumpulakan Data

Langkah ini sejatinya sangat penting bagi proses pengetahuan anak didik dalam menerima materi pelajaran yang diberikan guru. Dengan begitu kesempatan mereka untuk mengumpulkan data akan semakin mempermudah pemahaman pembelajaran discavery strategy, karena secara faktual mereka akan emperoleh pengetahuan baru.

7. Harus dapat Memberikan Jawaban secara Tepat Sesuai dengan data yang Diperlukan Anak Didik

Langlah-langkah penerapan discavery strategy tersebut setidaknya memiliki cakupan yang sangat luas. Dengan langkah-langkah yang ditawarkan tersebut, secara tidak langsung para anak didik akan menemukan data dan informasi yang dibutuhkan berkaitan dengan proses pembelajaran. Mereka yang mampu menerapkan pembalajaran discavery strategy, berarti telah menguasai aspek kognitif secara matang, sehingga akan mampu menerapkannya dalam kehidupan nyata.



umber: Pembelajaran Discavery Strategy dan Mental Vocation Skill; Muhammad Takdir Ilahi; Penerbit Diva Press; 2012; Jogjakarta 

No comments:

Post a Comment