Artikel Terbaru

Wednesday, September 9, 2020

PANDUAN PERSIAPAN DALAM PENYELENGGARAAN SEBUAH TURNAMEN FUTSAL

Sebagai sebuah olahraga permainan yang memiliki banyak penggemar, futsal mempunyai turnamen yang selalu dipadati penonton. Tidak kalah dengan turnamen sepakbola, setiap penyelenggaraan turnamen futsal, baik skala nasional maupun internasional selalu berhasil menarik minat masyarakat untuk menyaksikan.

Di tingkat nasional sendiri, penyelnggaraan even tahunan seperti liga futsal Indonesia selalau ramai penonton. Even mempertemukan klub-klub futsal terbaik Tanah Air ini selalu mampu menghasilkan bibit pemain yang bisa diandalkan untuk membawa nama Indonesia ke even futsal berskala internasional.

Pada tingkat regional, ada turnamen futsal yang diselenggarakan antar negara Aisa. Sama hal seperti negara di Eropa dan Amerika yang selalu melakukan even futsal rutin yang dalam penyelenggaraannya tidak kalah seru dengan gelaran pertandingan sepakbola.

Turnamen tertinggi futsal sendiri adalah piala dunia futsal. Turnamen yang diikuti oleh negara-negara terbaik dalam permainan futsal ini diselnggarakan setiap dua tahun sekali. Pada penyelenggaraan terkahir di tahun 2012, Brail berhasil keluar sebagai juara untuk kelima kalinya.

Dewasa ini, khususnya di Indonesia, telah banyak kita jumpai berbagai turnamen futsal. Turnamen-turnamen tersebut diselnggarakan oleh berbagai komunitas, perusahaan, kampus, hingga pemerintah daerah dan lain-lain yang mengharapkan olahraga ini muncul sebagai sebuah tontonan yang menghibur sekaligfus mendidik.


A. Hal-hal yang Dipersiapkan dalam Pelaksanaan Sebuah Turnamen Futsal

Demi kelancaran sebuah turnamen, perlu persiapan yang matang dan terampil agar kendala yang terjadi selama turnamen berlangsung dapat diantisipasi dan menghasilkan turnamen yang berkualitas. Seluruh bagian yang terlibat harus betul-betul bekerja secara profesional mempersiapkan turnamen, baik yang berskala besar maupun kecil.

Turnamen diartikan sebagai sebuah kompetisi terorganisasi dalam sebuah pertandingan atau olahraga yang diselenggarakan dengan jumlah peserta yang besar. Kompetisi melibatkan sejumlah pertandingan, dengan berkumpulnya sejumlah pesaing, diselenggarakan di satu tempat dengan penyelenggaraan waktu yang relatif singkat.

Dalam sebuah turnamen, sistematika persiapan dimulai dengan melakukan perencanaan, dilanjutkan dengan pelaksanaan, penilaian dan pelaporan. Sturtur persiapan ini setiap tahapannya meliputi banyak item yang perlu dikerjakan dan diselesaikan. dengan kondisi demikian, akan dibutuhkan sumber daya manusia serta waktu yang cukup agar terlaksananya turnamen sesuai dengan yang diharapkan.

Adapaun secara menyeluruh, penyelenggaraan sebuah turnamen haruslah sesuai ciri utama olahraga. Keutamaan sebuah turnamen adalah mencari atau dengan kata lain turnamen akan menghasilkan siapa yang paling unggul dan berhak menjadi yang terbaik.

Tujuan lainnya adalah sebagai ajang pencarian bakat, evaluasi terhadap hasil ;atihan yang telah dilakukan meliputi sejauh mana kemampuan fisik, teknik, aspek mental dan hal lainnya sebagai berikut:


1. Perencanaan

2. Perencanaan tempat

3.Perencanaan waktu

4. Perencanaan fungsi

5. Perencanaan tujuan

6. Organizing

8. Struktur personalia dan uraian tugas bidang umum




Sumber: Buku Pintar Futsal; Muhammad Asriady Mulyono; Penerbit Laskar Askara; 2014; Jakarta

No comments:

Post a Comment