Artikel Terbaru

Wednesday, September 9, 2020

HAL-HAL YANG HARUS DI PASTIKAN SAAT MENGGELAR TURNAMEN FUTSAL

Setelah semua perencanaan dan persiapan selesai dilaksanakan seluruhnya, maka turnamen bisa segera dimulai. Adapun tugas masing-masing seksi sesaat sebelum turnamen dimulai, umumnya adalah memeriksa segala sesuatu kelengkapan turnamen yang sudah dipersiapkan jauh-jauh hari sebe;umnya. Hal ini untuk memastikan bahwa semuanya sudah tersedia dan tidak ada kekurangan sedikitpun. Secara lebih rinci, hal-hal yang perlu dipastikan lagi kelengkapannya oleh masing-masing seksi sesuai dengan perincian tugasnya sebelum turnamen dimulai adalah sebagai berikut:

  1. Memastikan bahwa alat-alat serta lapangan yang akan dipakai selama turnamen, terlebih saat acara pembukaan turnamen telah lengkap tersedia dam dalam kondisi yang sempurna.
  2. Mengecek kelengkapan petugas. Jika perlu, lakukan pemeriksaan terhadap kemampuan dan keterampilan para petugas.
  3. Untuk memastikan semua peserta turnamen telah mengerti dan dapat menerima peraturan pertandingan/turnamen, maka dilaksanakan technical meeting. Hasil technical meeting berupa pengesahan peraturan oleh seluruh peserta beserta panitia.
  4. Mengadakan undian untuk menentukan tempat peserta dalam sistem pertandingan yang telah diatur sebelumnya. Seluruh peserta atau perwakilannya harus menghadiri acara ini.
  5. Menentukan wasit yang akan bertugas di masing-masing pertandingan selama turnamen digelar.


Dengan persipan kahir ini maka turnamen secara resmi dimulai. Demi kelancanran semua pihak yang mengikuti turnamen, baik panitia, peserta, maupun penonton diharapkan mentaati seluruh peraturan. Mintalah bantuan kepada petugas kepolisian (jika diperlukan) untuk memastikan jlannya turnamen aman dari segala macam bahaya yang timbul, seperti kerusuhan antar suporter.

Seluruh elemen panitia, tanpa kecuali, fokus pada situasi yang terjadi selama turnamen. Lakukan update infromasi, baik informasi yang berhubungan dengn hasil pertandingan, maupun informasi mengenai perkembangan situasi di area turnamen.

Penting sekali untuk mengatur ketertiban penonton, diantaranya dengan menyediakan tempat yang cukup bagi penonton serta menjamin rasa nyaman bagi penonton. Alat-alat yang dipakai selama turnamen berlangsung, sedapat mungkin diperiksa kondisinya. Apabila terdapat kerusakan, segera diganti dengan yang lain agar kelancaran turnamen tetap terjaga.

Setelah seluruh rangkaian turnamen futsal digelar, seluruh panitia kembali berkumpul. Bagi pemimpin pertandingan untuk segera melaporakn hasil-hasil pertandingan yang telah berlangsung selama turnamen.

Laporan pertandingan ini dilengkapi dengan penentuan urutan juara, laporan keuangan, laporan mengenai kinerja seluruh panitia yang terlibat, serta laporan menyeluruh tentang jalannya turnamen.

Setelah laporan diterima, periksa kembali kelengkapan alat-alat turnamen dilaksanakan secepat mungkin. Jika memungkinkan, panitia bisa mengadakan acara tersendiri yang dihadiri olej seluruh pihak-pihak yang telah membantu terlenggaranya turnamen, panitia, dan peserta dalam acara pemberian hadiah bagi para juara. Sekaligus ucapan terimakasih kepada pihak-pihak yang telah berkontribusi dan diharapkan akan mendapat meluangkan waktu, pikiran, dan meterinya di turnamen-turnamen selanjutnya.


Sumber: Buku Pintar Futsal; Muhammad Asriady Mulyono; Penerbit Laskar Askara; 2014; Jakarta

No comments:

Post a Comment