Artikel Terbaru

Monday, September 14, 2020

KOMUNIKASI YANG DIGUNAKAN DALAM DISCAVERY STRATEGY

Pendekatan discavery strategy, menurut Dr. Oemar Hamalik dapat dilaksanakan melalui komunikasi sistem satu arah dan komunikasi dua arah, tergantung pada besarnya kelas.


1. Komunikasi Satu Arah (Ceramah Reflektif)

Pendekatan satu arah ini berdasarkan penyajian satu arah yang dilaksanakan oelh seorang guru. Struktur penyajiannya dalam bentuk usaha yang dapat merangsang anak didik melalui proses discavery strategy di depan kelas. 

Guru menyajikan suatu masalah, kemudian memecahkan masalah tersebut melalui langkah-langkah discavery. Caranya adalah dengan mengajukan pertanyaan di depan kelas, selanjutnya memberikan kesempatan kepada anak didik untuk melakukan refleksi.

Meskipun hanya melalui satu arah, paling tidak anak didik sudah melibatkan dirinya dalam proses pemecahan masalah dan menjawab pertanyaan yang diajukan guru secara reflektif. Penggunaan belajar dalam kelompok kecil sangat bergantung pada kemampuan dan pengalaman guru itu sendiri dan waktu, serta kemampuan mengantisipasi masalah yang lebih sulit.

2. Komukasi Dua Arah (Discavery Terbimbing)

Sistem dua arah melibatkan para anak didik dalam menjawab pertanyaan guru. Mereka melakukan discavery, sementara guru membimbing mereka ke arah yang tepat. Pengajaran demikian, menurut Cogne, disebut dengan duide discavery. 

Apabila di dalam kelas terdiri atas 30 orang, anmun yang dapat melakukan discaver hanya beberapaj saja, sedangkan yang lainnya turut berpartisipasi dalam proses pembelajaran, misalnya dalam ceramah reflektif, maka disini guru perlu memiliki keterampilan yang memadai dalam memberikan bimbingan.Guru harus dapat mediagnosa kesulitan-kesulitan mereka dan memberikan bantuan dalam memecahkan masalah.

Pendekatan pengajaran discavery strategy yang dilaksanakan dalam kelas, sangat besar pengaruhnya terhadap kematangan para anak didik dalam memahami beberapa keterampilan yang berkenaan dengan masa depan. Hal ini juga diperkuat oleh indikator keberhasilan-keberhasilan yang akan dicapai, dimana indikator ini dapat memberikan kemampuan profesional bagi mereka untuk menghadapi tantangan masa depan.



Sumber: Pembelajaran Discavery Strategy dan Mental Vocation Skill; Muhammad Takdir Ilahi; Penerbit Diva Press; 2012; Jogjakarta 

No comments:

Post a Comment