Artikel Terbaru

Monday, September 14, 2020

CEDERA YANG DOMINAN TERJADI PADA BAGIAN KAKI

Cedera pada kaki paling banyak ditemukan karena memang alat gerak inilah yang paling banyak berperan. cedera yang dominan terjadi adalah:

a. lecet dan nyeri pada tumit dan kaki. Hal ini dapat disebabkan karena terjatuh atau karena menggunakan sepatu yang solnya tipis, sehingga mengakibatkan cedera bagian tangah tumit.
b. Perdarahan pada jari di bawah kuku.
c. Strain dan sprain, yang paling banyak sering ada tendon achilles, karena terlalu sering melakukan loncatan sambil memukul atau melakukan smash.



Khusus untuk cedera pada kaki ini dapat dicegah, bila pelatih dan atlet tepat dalam meilih sepatu dan kaos kaki. Pilihlah sepatu yang menggunakan sol tebal tetapi ringan dari karet dengan ukuran yang tepat untuk dipakai pada saat bermain. Sementara itu untuk kaos kaki yang digunkan yang digunakan untuk daerah panas, maka pilihlah dari bahan katun yang menyerap keringat. Bila di daerah dingin, maka pilihlah kaos kaki yang cukup teba; dengan bentuk anyaman memungkinkan terjadi ventilasi udara sehingga tidak menyebabkan lepuh.

Terakhir lakukan perawatan kuku kaki dengan baik. Biasakan merendam kaki setelah bermain dan memotong kuku dengan ukuran yang tidak terlalu pendek karena dapat menyebabkan infeksi dengan bau dan nyeri yang cukup mengganggu. Bagian kuku ini walaupun seringkali dilupakan perawatannya, sehingga walaupun sepele, sering menimbulkan masalah kesehatan.


Sumber: Cedera Olahraga; Hj. Dewi Laelatul Badriah; Multazam; 2013; Bandung

No comments:

Post a Comment