Artikel Terbaru

Monday, September 14, 2020

BERBAGAI BENTUK KEGIATAN DISCAVERY STRATEGY

Kegiatan discavery strategy, dapat dilakukan dengan melalui berbagai cara, sebagaimana ditawarkan R. Ibrahim dan Nana Syaodih dalam bukua Perencanaan Pengajaran. Berikut uraiannya:


1. Berdiskusi
Dalam melaksanakan discavery strategy, kegiatan berdiskusi memegang peranan penting dalam menganalisis suatu persoalan yang sedang dihadapi. Berdiskusi mempunyai anfaat sangat  besar dalam memecahkan sautu persoalan yang berkaitan dengan efektivitas pembelajaran.

2. Bertanya
Kegiatan bertanya bagi para anak didik menajdi suatu keniscayaan untuk dilaksanakan, karena kegiatan bertnaya mempunyai implikasi yang besar guna merangsang mereka untuk melatih dan mengembangkan daya pikir, kemampuan intelektual, dan daya ingatan. 
Selain itu, kegiatan bertanya juga dapat menumbuhkan keberanian dan keterampilan mereka dalam menjawab dan mengemukaakan gagasan yang berkenaan dengan suatu persoalan.

3. Melakukan Pengamatan 
Kegiatan pengamatan merupakan salah satu bentuk kegiatan discavery yang dilakukan dalam kelas. Kegiatan ini berguna untuk melihat secara jelas satu persoalan atau aktivitas yang berkaitan dengan proses pembelajaran. dengan kegiatan ini, secara tidak langsung anak didik akan mengetahui secara jelas aktivitas yang dilaksanakan dalam discavery strategy.

4. Mengadakan Percobaan
Bentuk kegiatan discavery strategy melalui jalan percobaan akan memberikan pengalaman baru bagi anak didik dalam proses pembelajaran melalui jalan percobaan. Kemudian mereka dilatih untuk bersikap berani mencoba menerapkan suatu konsep atau teori yang dijadikan sarana dalam mengimplementasikan proses dan hasil belajar.

5. Menstimulasi
Kegiatan menstimulasi dalam penerapan discavery strategy sangat penting untuk diaktualisasikan, karena mempunyai pengaruh yang besar, yaitu dapat mengoptimalkan keterampilan yang dimiliki anak didik dengan bentuk nyata.

6. Melakukan Penelitian (Inquiry Approach)
Kegiatan yang paling menentukan dalam penerapan discavery strategy adalah melalui pendekatan penelitian. Melalui bentuk kegiatan ini, anak didik dihadapkan pada suatu proses yang akan dicapai dalam penerapan discavery strategy.
Pendekatan penelitian melalui diskusi dapat dilaksanakan dengan dua cara, yaitu dengan pertanyaan dan diskusi.
a. Pertanyaan pengajaran inquiry
b. Diskusi dalam pengajaran inquiry

7. Memecahkan masalah
Memecahkan masalah merupakan salah satu penerapan dari discavery strategy. Kegiatan ini bertujuan mendapatkan kesimpulan dari satu persoalan yang diperbincangkan guna menghasilkan suatu rumusan masalah yang jelas dan jawaban sementara dari masalah tersebut. Langkah-langkah dalam memecahkan masalah dapat ditempuh melalui beberapa cara, diantaranya;
  • Adanya masalah yang jelas ketika dipecahkan. Masalah ini harus tumbuh dari anak didk sesuai dengan taraf kemampuannya.
  • Melalui data atau keterangan yang dapat digunakan untuk memecahkan masalah tersebut misalnya dengan membaca buku, meneliti, bertanya, diskusi, dan lian-lain.
  • Menetapkan jawaban sementara dari masalah tersebut. Jawaban yang diberikan ini tentu saja didasarkan pada data yang telah diperoleh pada langkah kedua.
  • Menguji kebenaran jawaban sementara. Melalui langkah ini, anak didik harus berusaha memecahkan masalah, sehingga betul-betul yakin bahwa jawaban tersebut sesuai dengan jawaban sementara atau sama sekali tidak sesuai. Untuk menguji kebenaran jawaban, tentu saja diperlukan metode-metode lainnya, seperti demonstrasi, diskusi, dan lain-lain.
  • Menarik kesimpulan, artinya anak didik harus sampai pada kesimpulan terakhir tentang jawaban masalah.
Sumber: Pembelajaran Discavery Strategy dan Mental Vocation Skill; Muhammad Takdir Ilahi; Penerbit Diva Press; 2012; Jogjakarta 

No comments:

Post a Comment