Artikel Terbaru

Monday, September 7, 2020

BAGAIMANA CARA UNTUK MENGISI TRAINING LOG

Semua program training yang dimuat di dalam sebuah catatn training, anda akan mencatat beban dan repetisi yang dilakukan pada setiap set dan setiap exercise.


Berikut adalah cara mengisi training log:

1. Anda akan mengisinya dari atas ke bawah. Jadi 1 kolom pada training log adalah untuk 1 sesi ;atihan. Pada latihan berikutnya untuk rutin yang sama, istilah training log anda di kolom berikutnya.

2. Jumlah kotak yang tersedia di samping setiap exercise atau gerakan. Jika dilihat secara vertikal, akan sama dengan jumlah set yang dilakukan untuk exercise tersebut. Setiap kotak disediakan untuk setiap set anda melakuan exercise yang sama.

3. Setiap kotak paa tabel training log terbagi 2 agar anda bisa mencatat beban dan repetisi anda. Bagian kiri atas adalah untuk mencatat beban yang anda gunakan. Soal bagaiman format yang akan anda gunakan dalam mencatat beban yang anda gunakan (apakah berat barbell juga dihitung atau hanya berat piringannya, apakah 1 sisi dumbbell/barbel saja atau keduamya dijumlah), itu semua terserah anda asalkan konsisten.

Bagian kanan bawah disediakan untuk mencatat repetisi yang anda selesaikan dengan beban yang tercatat di bagian kiri atas. Untuk exercise dengan format reps beberapa digit dipisahkan oleh karakter "-" istilah repstisi pada training log anda dengan format yang sama.

4. Yang terakhit, tuliskan juga tanggal di mana anda melakukan training anda di atas kolom training log yang anda isi.

Satu pengecualian, di dalam program training di mana anda harus menggunakan beban yang sama untuk setiap set pada exercise yang sama, akan ada 1 kotak yang tidak terbagi 2 di setiap kolom training log yang disediakan untuk menuliskan beban anda. Kemudian, istilah repetisi ini di kotak yang terbagi 2. Bedanya, kali ini gunakan bagian kiri atas dan kanan bawah untuk menuliskan repetisi pada set yang berurutan (kolom beban anda tidak akan berubah). Jadi, istilah kedua bagian di kotak yang sama terlebih dahulu sebelum mengisi kotak di bawahnya.



Sumber: Fitnes Gak Main-Main Manfaatnya, Gak Main-Main Hasilnya; Coach Tobias; Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama; 2013; Jakarta 

No comments:

Post a Comment