Artikel Terbaru

Wednesday, August 12, 2020

TENDANGAN SUDUT PADA PERMAINAN FUTSAL


    Tendangan ini disebut tendangan pojok. Tendagan sudut merupakan sebuah tendangan dalam permainan futsal maupun dalam permaian sepakbola dimana sebelum bola meninggalkan garis lapangan terlebih dahulu menyentuh pemain bertahan.

Tendangan sudut atau tendangan pojok diperuntukan sebagai tendangan untuk memulai kembali permainan. Adapun ketentuan dalam melakukan tendangan sudut atau tendangan pojok adalah sebagai berikut:

1. Sebelum menendang bola, pemain menempatkan bola di dalam busur sudut pada sisi sudut terdekat dari titik terkahir bola meninggalkan lapangan, baik di kiri sudut gawang maupun dikanan sudut gawang.

2. Jarak pemain bertahan dengan bola adalah 5 meter.

3. Seorang pemain dari tim yang mendapatkan tendangan sudut mengambil posisi di luar garis pembatas lapangan yang berada di luar busur sudut.

4. Pemain yang melakukan tendangan sudut, tidak diperkenakan untuh menyentuh atau menguasai bola sebelum bola menyentuh pemain lainnya setelah tendangan sudut dilakukan. Jika hal ini terjadi maka tim tersebut diberi hukuman tendangan bebeas tidak langsung.

5. Hukuman tendangan bebas tidak langsung juga akan diberikan kepada tim yang melakukan tendangsn sudut,dimana pemain dari tim bersangkutan dari sejak bola dalam posisi siap hingga tendangan sudut dilakukan melewati batas waktu yang telah ditentukan yakni 4 detik.


Sumber: Buku Pintar Panduan Futsal; Muhammad Asriady Mulyono; Penerbit laskar aksara; Jakarta; 2014

No comments:

Post a Comment