Artikel Terbaru

Monday, August 17, 2020

TEKNIK MENGONTROL DAN MENGUMPAN BOLA FUTSAL

A. Teknik Mengontrol Bola

Teknik mengontrol bola dalam permainan futsal sebetulnya sama dengan teknik mengontrol bola dalam permainan sepakbola. Di antara teknik mengontrol bola dalam permainan futsal, yang paling sering digunakan adalah teknik mengontrol bola dengan menggunakan kaki bagian dalam. Teknik ini sering digunakan karena tergolong mudah dan dapat diterapkan oleh pemain manapun. Selain teknik mengontrol bola dengan menggunakan kaki bagian dalam, teknik lainnya seperti teknik mengontrol bola dengan menggunakan talapak kaki.

Teknik-teknik ini harus dikuasai oleh setipa pemain tanpa terkecuali, baik pemain tersebut berposisi sebagai penyerang, pemain bertahan maupun kiper. Selain itu, kemampuan seorang pemain dalam hal mengontrol bola juga harus ditingkatkan seiring waktu. Bahkan, seorang pemain dituntut untuk mempunyai kemampuan mengontrol bola menggunakan dada atau kepala karena pada situasi tertentu hal ini sangat diperlukan.

B. Teknik Mengumpan Bola

Teknik dasar yang satu ini disebut juga passing. Dalam permainan futsal maupun sepakbola, passing umumnya dilakukan dengan menggunakan kaki bagian dalam. Selain itu, passing juga dilakukan dengan menggunakan kaki bagian luar, tumit, serta ujung kaki.

Penggunaan bagian dada dan kepala atau heading juga harus dikuasai oleh pemain, kendatipun teknik mengumpan bola seperti memang agak sulit untuk diterapkan, baik saat latihan maupun saat bertanding.

Umpan menyusur di atas permukaan lapangan adalag umpan yang memiliki keakuratan cukup baik, apalagi mengingat lapangan futsal indor yang memiliki bastas langit, sangat sulit untuk menerapkan umpan lambung.

Setiap pemain memiliki kemampuan mengumpan bola yang berbeda-beda. Ada pemain yang hanya terbiasa mengumpan bola dengan menggunakan kaki bagian dalam, namun ada juga pemain menggunakan kaki bagian luar. Bahkan untuk pemain handal, mengumpan bola bisa ia lakukan dengan menggunakan anggota tubuh manapun dengan kreasi tingkat tinggi yang sulut diantisipasi oleh pemain lawan.



Sumber: Buku Pintar Panduan Futsal; Muhammad Asriady Mulyono; penerbit laskar aksara; 2014; Jakarta

No comments:

Post a Comment