Artikel Terbaru

Monday, August 17, 2020

TEKNIK MENGGIRING DAN MENENDANG BOLA FUTSAL

 A.Teknik Menggiring Bola

Teknik menggirng bola disebut juga dengan kemampuan dribbling. Teknik dribbling ini harus dikuasai oleh para pemain agar si pemain mampu menguasai bola dengan baik saat bola berada di kakinya.

Dalam permainan futsal, penggunaan kaki bagian dalam dan kaki bagian luar sering dipakai untuk teknik yang satu ini. Penggunaan bagian punggung kaki juga sering diterapkan


B. Teknik Menendang Bola

Teknik ini disebut juga dengan shooting. Dalam permainan futsal, shooting dilakukan dengan keras dan sekuat tenaga. Penggunaan tenaga kaki yang besar saat melakukan tendangan karena dalam permainan futsal jarak konsentrasi saling berdekatan. Selain itu, untuk wilayah maka tendangan keras menjadi opsi yang cukup baik dilakukan.

Dalam sepakbola, tendangan menggunakan ujung kaki atau ujung sepatu tidak biasa dilakukan, apalagi oleh pemain-pemain dunia. Namun dalam permainan futsal, sepakan menggunakan ujung kaki atau ujung sepatu sering dilakukan karena kekuatan tendangan bisa lebih besar daripada melakukan tendangan menggunakan kaki bagian dalam, kaki bagian luar, maupun punggung kaki.

Akan tetapu, kendati dianjurkan menggunakan ujung kaki atau ujung sepatu, seorang pemain juga harus memiliki kemampuan menendang yang efisien. Artinya pemain tidak perlu menggunakan kekuatan tendangan yang berlebihan saat posisi pemain dan posisi bola berada dalam keadaan yang baik. pada saat itu, tendangan dengan cara mengecoh pemain atau kiper lawan lebih efisien diterapkan. Hal ini juga dilakukan untuk menyimpan tenaga si pemain itu sendiri.


Sumber: Buku Pintar Panduan Futsal; Muhammad Asriady Mulyono; penerbit laskar aksara; 2014; Jakarta

No comments:

Post a Comment