Artikel Terbaru

Monday, August 17, 2020

KECEPATAN DAN FISIK PEMAIN FUTSAL

 A. Kecepatan

Seperti telah dijelaskan pada bagian sebelumnya dibab ini, kecepatan menjadi faktor yang sangat penting dimiliki oelh pemain futsal. Seorang pemain futsal harus memiliki teknik kecepatan yang mumpuni, baik saat mengontrol bola, menggiring bola, melakukan shooting, maupun mengumpan bola kepada temannya.

Seorang pemain juga harus memiliki kecepatan baik saat bertahan maupun menyerang. Selain itu, seorang pemain futsal diharuskan bereaksi dengan cepat dalam kesempatan apaun. Pergerakan yang lambat akan merugikan dan membuat taktik permainan tim rusak dan menguntungkan bagi tim lawan.

B. Fisik

Untuk memaksimalkan fisik setiap pemain futsal, berbagai teknik latihan mutlak diperlukan. Hal ini dilakukan agar para pemain mampu bermain dalam tempo yang tinggi. Fisik yang prima diperlukan, baik saat berlari, bergerak mencari ruang, serta dalam mengantisipasi lawan saat kondisi memungkinkan untuk melakukan pertahanan menggunakan badan.

Jika kondisi fisik pemain tidak bugar, si pemain akan cepat mengalami kelelahan. Hal ini jelas sangat merugikan tim secara keseluruhan.



Sumber: Buku Pintar Panduan Futsal; Muhammad Asriady Mulyono; penerbit laskar aksara; 2014; Jakarta

No comments:

Post a Comment