Artikel Terbaru

Wednesday, August 12, 2020

PERLENGKAPAN PADA PERMAINAN BOLA BASKET

    

Meskipun tersedia perlengkapan yang paling baik untuk setiap olahraga, kebutuhan perlengkapan untuk bola basket ini sebetulnya sangat sederhana.

A. Perlengkapan untuk Kaki

   

Sepatu mungkin merupakan faktor yang paling penting. Sepatu yang baik adalah sepatu yang terbuat dari kanvas yang kuat atau dari kulit yang lembut. Dilengkapi dengan sol yang cukup tebal untuk menyerap setiap goncangan, oleh karena pada saat melompat, mulai bergerak, dan berhenti terjadi getaran-getaran atau goncangan pada kaki.

    Sepatu itu juga harus memiliki lapisan anti selip yang baik. Dan perlu diingat bahwa jauh lebih baik kalau sepatu tadi lembut dan berpegas daripada sepatu yang solnya terlalu kenyal. Bagian ujung tempat ibu jari sebaiknya dilapisi atau diperkuat untuk menghindarkan kemungkinan robekan yang sering terjadi dalam suatu permainan bola basket. Sejumlah pemain memilih sepatu yang berbentuk seperti sepatu boot, yaitu yang menutupi mata kaki. Pilihan sepatu macam ini tidaklah menjadi persoalan. Tergantung selera masing-masing individu, apakah ia ingin mengenakan sepatu yang setinggi mata kaki atau sepatu rendah biasa saja.

B. Seragam

   

    Para pemain mengenakan celana pendek dan kaos tidk berlengan yang sederhana saja. Nomor pemain dicantumkan di bagain depan dan belakang kaos tadi. Untuk pemain bola basket amatir, nomor yang biasa digunakan adalah angka 4 sampai 15. Penggunaan angka ini untuk memudahkan wasit memberi tanda-tanda dalam permainan. Ada klub-klub basket yang menaruh nama mereka pada kaos. Kaus kaki bisa melengkapi seragam ini, tetapi sangat dianjurkan agar bahan kaus kaki tadi hendaknya dapat menyerap keringat.





Sumber:Petunjuk untuk pelatih dan pemain bola basket; Vic Ambler; penerbit pionar jaya; 2009; Bandung.


No comments:

Post a Comment