Artikel Terbaru

Friday, August 14, 2020

PERLENGKAPAN DASAR PEMAIN PADA PERMAINAN FUTSAL

A. Seragam Pemain

Ketentuan yang mengatur penomoran baju serta celana yang digunakan oleh seorang pemain futsal adalah mulai 1 hingga 15. Angka yang tertera dipakaian yang dipakai harus tampak jelas sehingga warna yng digunakan nomor tersebut diusahakan harus kontras dengan warna baju. Dan secara detail, penomoran seragam dalam pertandingan berskala internasional harus tertera di depan dan belakang pakaian.


B. Pengaman Kaki

Selain penggunaan sepatu futsal, kaos kaki yang digunakan oleh pemain futsal haruslah menutupi keseluruhan bagian kaki, mulai dari mata kaki hingga lutut kaki.


C. Seragam Kiper

Seragam kiper harus berbeda warna dengan pemain lainnya sekalipun seragam timnya sendiri. Tidak diperbolehkan bertukar seragam yang sama dengan kiper pengganti. Khusus bagi kiper diperbolehkan menggunakan celana panjang. Hal ini untuk memaksimalkan upaya meminimalkan luka bagi kiper.


Apabila terdapat kesalahan dalam pemakaian dan model seragam yang dipakai dalam pertandingan maka wasit berhak menunda dimulainya pertandingan, seraya menunggu si pemain atau tim tadi untuk menyesuaikan seragam mereka dengan standar ketentuan yang berlaku.

Adapun keputusan dan penegasan dari aturan yang harus ditaati oleh pemain yakni:

1. Pemain yang mendapat kartu merah dan dikeluarkan dari dalam lapangan tidak diperkenakan lagi untuk masuk kembali ke dalam lapangan pertandingan. Bahkan pemain bersangkutan tidak diizinkan untuk duduk di bangku tempat biasanya pemain cadangan beristirahat.

2. Bila sebuah tim yang salah satu pemainnya terkena hukuman kartu merah dan dikeluarkan dari dalam lapangan pertandingan ingin memasukkan pemain pengganti atau cadangan maka pemain tersebut harus menunggu lebih dua menit teman satu timnya dikartu merah.

3. Waktu tunggu dua menit akan gugur dengan sendirinya apabila dalam kurun waktu tersebut terjadi gol. Dengan demikian, pemain tersebut langsung diizinkan untuk memasuki lapangan pertandingan.

4. Apabila dalam suatu pertandingan salah satu tim bermain dengan empat pemain karena salah satu pemain dari tim tersebut terkena hukuman kartu merah, kemudian tim lawan mencetak gol, maka tim yang bermain dengan empat pemain tersebut padat memasukkan pemain kelimanya.

5. Jika kedua tim terpaksa bermain dengan empat pemain dan seketika itu terjadi gol maka kedua tim tidak dapat memasukkan pemain kelima dan harus menunggu waktu dua menit untuk memasukkan pemain kelima tersebut. Hal ini juga berlaku apabila kedua tim bermain dengan tiga pemain.

6. Apabila terdapat satu tum yang bermain dengan tiga pemain sedangkan tim lawan dengan lima atau empat pemain dan mencetak satu gol maka tim yang hanya memiliki tiga pemain tersebut diperbolehkan memasukkan pemain keempatnya.

7. tim yang pada waktu tertentu dikarenakan sedang menjalani hukuman kartu merah terhadap satu atau lebih pemainnya berhasil mencetak gol maka tim tersebut tidak diperbolehkan memasukkan pemain keempatnya atau kelimanya.


Sumber: Buku Pintar Panduan Futsal; Muhammad Asriady Mulyono; Penerbit laskar aksara; Jakarta; 2014

No comments:

Post a Comment