Artikel Terbaru

Friday, August 14, 2020

PERATURAN BAGI PELATIH PADA PERMAIAN FUTSAL

Secara regulasi, peraturan untuk seorang pelatih futsal tidak diatur secara spesifik. Dan 18 poin peraturan futsal yang dikeluarkan oleh FIFA, hanya sedikit penjelasan mengenai apa dan bagaimana aturan mengikat yang ditegakkan untuk seorang pelatih futsal. Kondisi tersebut karena memang pada dasarnya, pelatih futsal hanya bertindak sebagai penyusun strategi permainan yang akan dimainkan oleh suatu tim.


Dalam suatu permainan futsal, sesuai dengan aturan yang berlaku, pelatih mempunyai kewenangan untuk meminta time-out kepada wasit manakala dirasa untuk memberikan instruksi kepada anggota timnya.

Pembahasan tentang pelatih futsal akan dijelaskan mendetail pada postingan selanjutnya. Untuk sekedar diketahui, seorang pelatih, pada setiap pertandingan futsal hanya diikuti oleh timnya berpedoman pada ketetapan umum dalam dunia olahraga. Sepertii diantaranya, pelatih dilarang masuk ke dalam lapangan pertandingan, pelatih dilarang melakukan protes keras kepada wasit yang memimpin pertandingan, serta pelatih dilarang menggangu jalannya pertandingan



Sumber: Buku Pintar Panduan Futsal; Muhammad Asriady Mulyono; Penerbit laskar aksara; Jakarta; 2014

No comments:

Post a Comment