Artikel Terbaru

Friday, August 14, 2020

PANDUAN LATIHAN FUTSAL

Sebagai sebuah olahraga yang mengharuskan setiap pemainnya memiliki ketahanan fisik yang memumpuni, olahraga futsal harus mempunyai pedoman dalam hal teknik berlatih. Tujuan dari semua hal tersebut agar setiap pemain memiliki skill sebagai seorang pemain futsal yang profesional.

Permainan futsal juga merupakan salah bentuk permainan yang memiliki kompleksitas yang cukup tinggi. Seorang pemain tidak hanya dituntut kuat dalam fisik, namun juga mental. Seorang pemain futsal, apalagi pemain futsal profesional, tidak hanya mengandalkan kekuatan fisiknya semata saat bermain, namun juga harus mampu mengeskplorasi kekuatan mentalnya dan mampu mengkombinasikan semua itu untuk kebaikan timnya.


Mental dan fisik yang mumpuni dalam permainan futsal, tak jarang menjadi faktor penentu kemenangan pada suatu pertandingan. Fisik yang prima, ketahanan lari, bertahan dari serangan, merupakan modal yang baik dalam emainkan plahraga yang satu ini. Akan tetapi, jika pemain tidak mampu menunjukan kekuatan mentalnya dalam suatu pertandingan maka fisik yang prima tadi bisa saja berubah menjadi suatu yang tidak bermanfaat, baik bagi dirinya maupun tim.

Masing-masing pemain, harus mempersiapkan segala sesuatu yang ada pada dirinya sendiri, dan ketika ia siap untuk itu semua, maka ia harus mampu memberikan kesan positif ketika ia masuk dalam tim.

Suatu tim futsal yang dibangun dengan baik, bukan hanya mengandalkan kelebihan individu pemainnya masing-masing. Setiap pemain harus mampu melebar ke dalam tim dan menjadi bagian dari tum sehingga pada pertandingan nanti setiap pemain mampu menjalankan perannya masing-masing, mampu menjalankan strategi yang diinstruksikan pelatih, dan mampu mengutamakan kerjasama tim untuk meraih kemenangan.

Apalagi dalam permaian futsal, kekompakan betul-betul harus ditunjukan dan dipraktikkan oleh sebuah tim apalagi ingin merah kemenangan. Perlu ditekankan bahwa permainan futsal bukan permainan individu. Meski skill individu pemain juga sangat bermanfaat bagi tim tetapi kerjasama sebuah tim jauh lebih penting.

Peran pelatih diharpkan mampu menjadikan tinggak motivasi, selain tentu saja sebagau peranmu strategis tim. Pelatih harus pintar menempatkan posisinya baik saat tim mengalami kemajuan maupun saat tim tengah tertekan. Pelatih harus memiliki identitas yang jelas mengenai pandangan dalam sistem kepelatihan sehingga dengan begitu ia mampu menciptakan sebuah tim yang kompeten dan mampu bersaing dengan tim manapun.



Sumber: Buku Pintar Panduan Futsal; Muhammad Asriady Mulyono; Penerbit laskar aksara; Jakarta; 2014

No comments:

Post a Comment