Artikel Terbaru

Monday, August 10, 2020

PERANGKAT LAPANGAN PADA PERMAINAN FUTSAL

 

A. Gawang

Gawang merupakan salah satu perangkat lapangan yang penting. Gawang juga merupakan salah satu zona atau wilayah yang paling dihaga oleh suatu tim ketika sedang bertanding. Dalam lapangan futsal, gawang ditempatkan di tengah-tengah garis gawang. Letak tengah garis gawang sendiri terletak di garis pembatas lapangan futsal.

Bentuk gawang pada permainan futsal sama halnya dengan bentuk gawang permainan sepakbola. Tiang gawang futsal terdiri dari dua tiang yang memiliki panjang yang sama dan dihubungkan pelh tiang berbentuk horizontal pad bagaian atas kedua tiang vertikal tadi.

Secara lengkap, spesifikasi gawang futsal adalah sebagai berikut:

1) Tinggi tiang gawang dari dasar permukaan lapangan adalah 2 meter.

2) Lebar gawang adalah 3 meter yang di ambil dari jarak antara tiang gawang.

3) Tiang gawang yang vertikal ditancapkan/ditanam ke dalam permukaan lapangan dengan kedalaman 8 cm.

4) Tiang gawang horizontal yang menghubungkan kedua tiang gawang vertikal juga memiliki kedalam 8 cm ketika disatukan dengan tujuan tiang gawang vertikal (biasanya untuk memperkuat, penyatuan tiang gawang horizontal ini dilakukan dengan cara pengelasan).

5) Jaring gawang umumnya terbuat dari tali nilon yang kuat agar ketika bola masuk ke dalam gawang alias gol, jaring gawang ini tidak mudah putus.

6) Dalam membuat jaring gawang , perlu diperhatikan besaran kotak, kotak jaring gawang yang disesuaikan dengan ukuran bola futsal yang cenderung lebih kecil dari ukuran bola dalam permainan sepakbola.

7) Jaring gawang kemudian dipautkan pada kedua ujung tiang gawang vertikal serta tiang gawang horizontal. Posisi tautan jaring gawang ini terletak di belakang tiang.

8) Untuk lebih memahami keamanan gawang, jaring gawang bagian bawah juga ditautkan dengan sebuah besi memanjang.

9) Dalam aturan disebutkan juga bahwa kedalaman gawang pada permainan futsal adalah minimal 80 cm pada bagaian bawah atas dan 100 cm pada bagian bawah.


B. Bola

Dalam release aturan FIFA mengenai bola yang digunakan dalam permainan futsal, spesifikasi bola harus merujuk pada aturan-aturan sebagai berikut:

1) Bulatan pada bola harus berbentuk sempurna, tidak oval seperti telur.

2) Bukan terbuat dari bahan kasar, seperti rotan. Namun, diusahakan terbuat dari bahan kulit atau sejenisnya.

3) Secara keseluruhan, ukuran keliling bola adalah maksimal 64 cm serta minimal 62 cm.

4) Berat bola yang digunakan dalam permainan futsal tidak boleh lebih dari 440 gram. Namun juga tidak diperbolehkan menggunakan bola untuk bermain futsal yang beratnya kurang dari 400 gram.

5) Tekanan udara di dalam bola 400-600/cm kuadrat (0,4 - 0,6 atmosfir) pada permukaan laut.



Sumber: Buku Pintar Panduan Futsal; Muhammad Asriady Mulyono; Penerbit laskar aksara; Jakarta; 2014

No comments:

Post a Comment