Artikel Terbaru

Monday, August 10, 2020

PEMILIHAN MATERI DAN FAKTOR PERTIMBANGAN PADA PENJAS ADAPTIF


    Pengulangan dan perbaikan-perbaikan pendidikan jasmani adaptif merupakan bagian rutin dari pengajaran adaptif. Karena itu, materi pembelajaran harus diselidiki secermat mungkin, sehingga terhindar dari cedera otot atau sendi. Pemilihan materi yang tepat, juga membantu dalam perbaikan penyimpangan postur tubuh, meningkatkan kekuatan otot, kelincahan, kelenturan, dan meningkatkan kebugaran jasmani.

Pelaksanaan kegiatan olahraga secara teratur dengan beban yang cukup, sangat membantu dalam usaha mencapai kebugaran jasmani tersebut. Perlu diketahui bahwa kekuatan otot akan bertambah bila sering digunakan dan akan berkurang bila tidak pernah berlatih secara teratur. Demikian juga kelenturan, kelincahan, daya tahan dan lain-lain, akan meningkat, bila dilatih secara sistematis dalam pembelajaran pendidikan jasmnai.

Setiap PDBK mempunyai kebutuhan yang berbeda-beda anatar satu dengan yang lainnya, dan oleh sebab itu program pembelajaran akan lebih efektif bila diklasifikasikan sesuai dengan kebutuhan dan kondisi kebutuhan PDBK.

Menurut Dr. Beltasar Tarigan, MS dalam "bahan ajar penjas adaptif (2002) mengemukakan ada tiga faktor yang perlu dipertimbangkan dalam menentukan jenis dan materi pendidikan jasmani bagi PDBK, yaitu"

1. Pelajari rekomendasi dan diagnosisi doktor yang menanganinya.

2. Temukan faktor dan kelemahan-kelemahan PDBK berdasarkan hasil tes pendidikan jasmnai.

3. Olahraga kesenangan apa yang paling diminati pDBK.



Sumber: Pendidikan Jasmani Adaptif Bagi Anak Berkebutuhan Khsusus; Hj. Yani Meimulyani, Asep Tiswara, Penerbit Luxima metro media, Jakarta, 2013

No comments:

Post a Comment