Artikel Terbaru

Thursday, August 6, 2020

PENGERTIAN PENDIDIKAN JASMANI ADAPTIF

   

    Pengertian pendidikan jasmani dan kesehatan menurut Barrow (1971, 1983); "Pendidikan jasmani dalam konteks pengalaman pendidikan menyeluruh dan berkait dengan hal seumur hidup setiap individu.
    Kemudian, Freeman (1977, 1992) menegaskan bahasan pendidikan jasmani meliputi pembangunan fisikal dan mental dan menumpu pada tiga domain pendidikan, yaitu psikomotor, kognitif dan afektif. Lumpkin (1990), dan Dauer (1995) berpendapat pendidikan jasmani yang menyeluruh, yang memberi sumbangan pada asasnya melalui pengalaman-pengalaman pergerakan kepada perkembangan dan pembangunan keseluruhan kanak-kanak.

    Secara mendasar pendidikan jasmani adaptif adalah sama dengan pendidikan jasmani biasa. Pendidikan jasmani merupakan salah satu aspek dari seluruh proses pendidikan secara keseluruhan.

    Pendidikan jasmani adaptif merupakan suatu sistem penyampaian layanan yang bersifat menyeluruh dan dirancang untuk mengetahui, menemukan dan memecahkan masalah dalam ranah psikomotor. Hampr semua jenis ketunaan disabilitas memiliki problem dalam ranah psikomotor. Masalah psikomotor sebagai akibat dari keterbatasan kemampuan sensomotorik, keterbatasan dalam kemampuan belajar. Sebagian disabilitas bermasalah dalam interaksi sosial dan tingkah laku. Dengan demikian dapat dipastikan bahwa peranan pendidikan jasmani bagi anak berkebutuhan khsusus sangat besar dan akan mampu mengmbangkan dan mengkoreksi dan keterbatasan tersebut.


Sumber: Pendidikan Jasmani Adaptif Bagi Anak Berkebutuhan Khsusus; Hj. Yani Meimulyani, Asep                  Tiswara, Penerbit Luxima metro media, Jakarta, 2013


No comments:

Post a Comment