1. program pendidikan jasmani adaptif disesuaikan dengan jenis dan karakteristik kelainan PDBK tunagrahita sedang.
2. Program pengajaran pendidikan jasmani adaptif harus dapat membantu dan mengkoreksi kelainan yang di sandang oleh PDBK.
3. Program pengajaran penjas adaptif harus dapat mengmbangkan dan meningkatkan kemampuan jasmani individu.
a. Kebugaran Jasmani dan Gerak
Perkembangan jasmani dan motorik anak tunagrahita tidak secepat perkembangan anak pada umumnya, tingkat kebugaran jasmani anak tunagrahita yang memiliki MA tiga tahun sampai 12 tahun ada dalam kategori kurang sekali. Sedangkan anak pada umumnya sama ada dalam kategori kurang. Dengan demikian tingkat kebugaran jasmani anak tunagrahita setingkat lebih rendah dibandingkan dengan anak umumnya pada umur yang sama.
Kebugaran jasmani dan kemampuan gerak anak tunagrahita, yaitu:
- Gerakan-gerakan yang tidak berpindah tempat, tangan ke depan dan ke samping.
- Gerakan-gerakan yang berpindah tempat
- Gerakan-gerakan keseimbangan
- Olahraga permainan yang bersifat rekreasi
- Olahraga dan permainan beregu
- Olahraga senam dan aerobik
- Olahraga dan permaian yang menggunakan meja
- Olahraga bermain di air
- Aktivitas dalam lingkaran
- Aktivitas yang meningkatkan kekuatan
- Aktivitas yang meningkatkan kelenturan
No comments:
Post a Comment