Artikel Terbaru

Tuesday, August 11, 2020

PENDIDIKAN JASMANI ADAPTIF UNTUK PDBK TUNAGRAHITA SEDANG

    


    Dengan pendidikan jasmani yang diadaptasikan dan dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan jenis kelainan dan tingkat kemampuan PDBK tunagrahita sedang merupakan salah satu faktor yang sangat menentukan dalam keberhasilan pendidikan jasmani adaptif  merupakan suatu sistem menyampaian layanan yang bersifat menyeluruh dan dirancang untuk mengetahui, menemukan pemecahan masalah bagi tunagrahita. Adapun ciri dari program pendidikan jasmani adaptif antara lain:

1. program pendidikan jasmani adaptif disesuaikan dengan jenis dan karakteristik kelainan PDBK tunagrahita sedang.

2. Program pengajaran pendidikan jasmani adaptif harus dapat membantu dan mengkoreksi kelainan yang di sandang oleh PDBK.

3. Program pengajaran penjas adaptif harus dapat mengmbangkan dan meningkatkan kemampuan jasmani individu.

a. Kebugaran Jasmani dan Gerak

    Perkembangan jasmani dan motorik anak tunagrahita tidak secepat perkembangan anak pada umumnya, tingkat kebugaran jasmani anak tunagrahita yang memiliki MA tiga tahun sampai 12 tahun ada dalam kategori kurang sekali. Sedangkan anak pada umumnya sama ada dalam kategori kurang. Dengan demikian tingkat kebugaran jasmani anak tunagrahita setingkat lebih rendah dibandingkan dengan anak umumnya pada umur yang sama.

    Kebugaran jasmani dan kemampuan gerak anak tunagrahita, yaitu:

- Gerakan-gerakan yang tidak berpindah tempat, tangan ke depan dan ke samping.


- Gerakan-gerakan yang berpindah tempat


- Gerakan-gerakan keseimbangan


- Olahraga permainan yang bersifat rekreasi


- Olahraga dan permainan beregu


- Olahraga senam dan aerobik


- Olahraga dan permaian yang menggunakan meja

- Olahraga bermain di air


- Aktivitas dalam lingkaran


- Aktivitas yang meningkatkan kekuatan


- Aktivitas yang meningkatkan kelenturan


b. Keterampilan dan Pola Gerak Dasar
    Pola gerak dasar yang sangat dominan mendasar adalah berlari, melompat, melempar dan menendang yang tidak dapat dilakukan secara apa adanya oleh anak tunagrahita, sehingga dibutuhkan latihan-latihan untuk meningkatkan pola gerak dasar yang dimodifikasi sedemikian rupa agar PDBK tunagrahita dapat melakukannya semua yang dikehendaki tetapi mengikuti dengan penuh kasih sayang serta memberikan arahan secara teratur dengan suara yang singkat dan jelas.


Sumber: Pendidikan Jasmani Adaptif Bagi Anak Berkebutuhan Khsusus; Hj. Yani Meimulyani, Asep Tiswara, Penerbit Luxima metro media, Jakarta, 2013

No comments:

Post a Comment