Artikel Terbaru

Thursday, August 13, 2020

PELATIH BOLA BASKET

    


    Sikap tradisional orang Inggris terhadap pertandingan yang beranggapan hanya iseng saja, tidaklah menuntut perlunya ada pelatih sampai saat ini. Permainan bola basket, dengan asal usul dari trans atlantik itu, diduga baru mencapai taraf perkembangan yang dini saja di Inggirs. Dalam bola basket, seorang pelatih memegang peran yang penting , bahkan sangat menentukan dan sungguh-sungguh terlibat dalam permainannya. Keterlibatan tersebut tidak mungkin atau tidak diharapkan hanya seperti dalam kebanyakn olahraga lainnya.

Pelatih bertanggung jawab untuk melakukan seleksi, persiapan, penyebaran, dan koordinasi dari setiap individu pemain untuk membentuk unit tim yang tangguh. Sistem coaching di USA, Uni Soviet, dan banyak negara-negara di Eropa sudah sedemikian berkembangnya dan malah sudah menjadi jabatan yang tetap. Sudah banyak kita temukan pelatih-pelatih yang sangat profesioanl di bidangnya. Hasilnya mereka banyak mencetak para pemain yang memiliki keterampilan teknis tinggi dan taktik permaian yang sudah mencapai tingkat sedemikian, sehingga ditirukan oleh berbagai cabang olahraga lainnya. PAra olahragawan Inggris yang pemalu, dengan cepat menerima kebutuhan untuk dilatih oleh pelatih yang profesional oleh karena olahraga berkembang dengan cara sedemikian baik.

Para pelatih tadi harus sudah mampu menduga dan menyiapkan bahan-bahan yang akan mereka latih, bagaimana cara melatih, dan siapa yang akan mereka latih. Ketiga hal ini merupakan topik yang saling berhubungan erat satu sama lain.

1. Apa yang Harus Dilatih?

    Pengetahuan umum tentang teknik keterampilan, serta pengenalan individu, unit, dan tim dapat diperoleh melalui pengalaman dan pergaulan sehari-hari. Dari latar belakang ini pelatih harus menyusun program untuk timnya. Biasanya atas dasar musim latihan yang full. Mencoba bersikap realistik mencocokan apa yang diharapkan dengan apa yang mungkin sehubungan dengan waktu, fasilitas, dan persetujuan para pemain, akan merupakan problem inti.


Apa yang mungkin akan sangat bervariasi, tergantungh pada situasi khusus. Sejumlah tim tingkat tinggi mungkin akan berlatih setiap hari. tetapi pada tingkat klub di kota besar, banyak tim merasa beruntung kalau bisa berlatih seminggu sekali saja. dalam hal ini, pelatih umumnya merangsang timnya untuk mencapai suatu kesatupaduan pada tingkat tertentu, meningkatkan partisipasi dari semua pemain dan berusaha untuk menang.

Bagaimanapun, pelatih perlu membentuk suatu point start mengnai apa yang diinginkan, dan dalam konteks ini analisis berikut untuk keterampilan tim diberikan dalam prioritas.

A. Keterampilan Menyerang

- Fast break

- Serangan dini

- Menyerang satu lawan satu

- Melawan pertahanan zone

- Melawan pertahanan yang menekan

- Keterampilan untuk melambungkan bola

- Keterampilan untuk jump balls


B. Keterampilan Bertahan

- Menghadapi fast break

- Menghadapi serangan balik

- Satu lawan satu

- Zone

- Menekan lawan

- Jump ball

- Lemapran bebas



Sumber:Petunjuk untuk pelatih dan pemain bola basket; Vic Ambler; penerbit pionir jaya; 2009; Bandung

No comments:

Post a Comment