Artikel Terbaru

Thursday, August 13, 2020

MERENCANAKAN PROGRAM BAGI PELATIH BOLA BASKET


    Musim pertandingan bola basket umumnya pada umumnya pada bulan-bulan antara Oktober dan Maret, meskipun ada klub juga menyusun program di luar waktu tersebut. Tetapi untuk tim sekolah, ini merupakan waktu terbaik menyiapkan tim untuk tahun depannya, terutama kalau sebuah lapangan terbuka dapat digunakan untuk berlatih.

A. Periode Sebelum Musim Pertandingan

Selama periode ini, hendaknya perhatian dicurahkan terhadap latihan-latihan:

1. Ketahan dan kesegaran jasmani

2. Integritas pemain-pemain baru

3. Latihan keterampilan individu, terutama mereka yang membutuhkan perbaikan dan mereka yang akan dibentuk menjadi penyerang atau pemain penahan lawan dalam tim.

4. Dasar penyerangan beregu

5. Dasar pertahanan regu

B. Pertandingan Tingkat Rendah

Selama masa ini, hendaknya pelatih mencurahkan perhatian pada pengembangan rencana tim dan melakukan penyesuaian yang dibutuhkan. Misalnya menyusn jadwal pertandingan dan meningkatkan pengetahuannya mengenai kemampuan setiap pemain dalam timnya.

C.Pertandingan Tingkat Tinggi

Disini perhatian dicurahkan pada berbagai hal yang dianggap penting di mana tim akhirnya akan tahu sendiri apa yang perlu ditambahkan untuk menanggulangi problem-problem yang ada. Tim yang memimpin diatas, cenderung memiliki lebih sedikit problem daripada tim-tim yang berada dibawah. Disinilah pelatih harus mulai menilai kegagalan perhitungan dan rencananya, disamping harus juga memulihkan semangat dan membesarkan hati setiap individu pemainnya.

Masih ada kemungkinan untuk membentuk berbagai macam variasi dalam penyerangan dan pertahanan, juga untuk menyiapkan dari secara khusus bila menghadapi lawan lain kelak. Dengan demikian, kamus para pemain akan semakin diperkaya.

D. Pertandingan Di Luar Musim

Pertandingan ini juga akan bervariasi tergantung pad keperluan untuk berlatih atau bermain lebih banyak atau lebih sedikit, dengan mempertimbangkan posisi tim dalam urutan di perkumpulannya.

Untuk itu yang duduk dalam urutan tengah, bermain hanya sebagai selingan dan melakukan eksperimen mungkin masih pantas dikerjakan, pelatih dengan tim yang emnduduki urutan tertinggi atau terlampau rendah memiliki problem yang berbeda lagi, bahkan sering problemnya sedemikian rumit. Sejumlah variasi mungkin akan sangat menolong dan pembicaraan dengan para pemain mungkin diperlukan.


Sumber:Petunjuk untuk pelatih dan pemain bola basket; Vic Ambler; penerbit pionir jaya; 2009; Bandung

No comments:

Post a Comment