Artikel Terbaru

Thursday, August 13, 2020

PELANGGARAN, SANKSI, DAN KESELAMATAN BAGI PEMAIN FUTSAL

A. Pelanggaran dan Sanksi Pemain
    Pelanggaran yang dilakukan oelh seorang pemain, selain berupa tekel, adalah pelanggaran saat pergantian pemain. FIFA kemudian menentukan pelanggaran dan sanksi pada proses pergantian pemain ini dalam beberapa point tambahan yakni:

1. Apabila terjadi pelanggaran yang dilakukan oelh seorang pemain pengganti yang masuk sebelum pemain yang menggantikannya meninggalkan lapangan maka pemain yang baru masuk tersebut dihentikan sementara.  Pemain yang akan digantikan bersegera keluar lapangan. Pemain pengganti diberi hukuman kartu kuning dan selanjutnya bagi tim lawan diberikan sebuah tendangan bebeas tidak langsung dari titik saat bola terakhir ketika pergantian terjadi.

2. Hukuman tendangan bebeas tidak langsung juga berlaku manakala proses pergantian pemain tidak dilakukan di wilayah atau zone pergantian pemain yang telah ditentukan. Kartu kuning juga diberikan kepada pemain yang melanggar tersebut.

    Hal mengenai jumlah pemain satu tim dalam pertandingan futsal, apabila pemain dari satu tim tersebut berjumlah kurang dari tiga orang dikarenakan ada anggota tim yang dikartu merah maka pertandingan dihentikan saat itu juga dan tim lawan dinyatakan menang. Dalam pertandingan sepakbola hal ini juga berlaku.

B. Keselamatan Pemain
    Dalam hal ini, seorang pemain futsal dilarang menggunakan perlengkapan yang menempel di badan dan pakaiannya yang dapat membahayakan dirinya sendiri selama pertandingan berlangsung. Perhiasan juga menajdi larangan digunakan pada pertandingan futsal.


Sumber: Buku Pintar Panduan Futsal; Muhammad Asriady Mulyono; Penerbit laskar aksara; Jakarta; 2014

No comments:

Post a Comment