Artikel Terbaru

Friday, August 14, 2020

HAL YANG HARUS DILAKUKAN PELATIH SEBELUM PERTANDINGAN BOLA BASKET

 

    Para pelatih hendaknya berusaha untuk memberi kesempatan kepada para pemainnya merasakan rencana keseluruhan. Cara terbaik untuk melakukan hal ini ialah dengan menyiapkan buka pegangan untuk tim berisikan sejumlah petunjuk dalam melakukan latihan kesegaran dan meningkatkan daya tahan tubuh, peraturan tim, pola penyerangan dan pola bertahan, latihan tim, serta petunjuk untuk keterampilan individu dalam setiap latihan. Seorang pemain yang cukup menerima informasi dan mau berpikir, merupakan modal besar bagi timnya.

Melatih dan menyiapkan tim untuk bermain melawan tim khusus merupakan begitu vital dalam peran seorang pelatih. Pelatih harus memikirkan kemungkinan situasinya, mengenali situasi tadi, dan dengan komunikasi bersama para pemainnya maka ia bisa mengambil keputusan dan menentukan strategi.

Pemain harus disiapkan dalam masa trining untuk menghadapi pertandingan yang akan datang. Pelatih yang baik akan emncoba mengintai kekuatan lawan dan memberi penjelasan kepada anak buahnya di lapangan mengenai kemungkinan, teknis yang akan mereka hadapi nanti, siapa pencetak skor, bagaimana karakteristik para pemain lawan, tipe serangan, dan pertahanan yang akan mereka mainkan nanti. Pelatih akan menjelaskan  strateginya.

Para pemain hendaknya tiba di tempat pertandingan cukup pagi untuk menerima briefing dari pelatihnya lagi dan mendapatkan pesan-pesan serta petunjuk trakhir sebelum turun ke lapangan. Pelatih harus menunjukkan garis besar dari strategi yang dipilihnya dan strategi lawannya. Memberikan semangat dn dorongan pada para permainnya secara individual dan menyiapkan mental mereka untuk bertanding, merupakan suatu tindakan yang harus dilakukan oleh setiap pelatih.

Periode warming up di lapangan hendaknya dilakukan dengan intensif, sehingga para pemain dapat meninjau kembali pola meterampilannya. Dengan melakukan warming up secara intensif, mereka bisa mencapai tingkat persiapan fisik yang cukup baik, serta sudah berkeringat.



Sumber:Petunjuk untuk pelatih dan pemain bola basket; Vic Ambler; penerbit pionir jaya; 2009; Bandung

No comments:

Post a Comment