Artikel Terbaru

Thursday, August 13, 2020

JUMLAH PEMAIN PADA PERMAINAN FUTSAL

   
    Seperti diketahui, pertandingan futsal dimainkan oleh dua tim dengan jumlah pemain lima orang untuk masing-masing tim. FIFA secara keseluruhan memuat aturan jumlah dalam satu pertandingan futsal, aturan pergantian pemain, dan sanksi bagi pemain sebagaimana dijelaskan berikut:

A. Pemain
    Dalam sebuah tim futsal yang bermain adalah lima pemain. Empat pemain diposisikan sesuai dengan strategi yang diterapkan oleh pelatih, sedangkan satu pemain di posisikan penjaga gawang atau kiper. Kiper dapat berganti tempat dengan pemain yang berasal dari timnya sendiri.

B. Ketentuan tetap dalam pergantian pemain
    Secra Internasional, FIFA menetapkan jumlah pemain pengganti atau pemain cadangan maksimal tujuh pemain. Keseluruhan konpetisi yang dinaungi oleh FIFA dan konfederasi futsal lainnya membolehkan adanya penggantian pemain dalam setiap pertandingan futsal yang tengah berlangsung.

    Adapun satu orang pemain futsal dalam satu pertandingan dapat masuk dan keluar lapangan sebanyak-banyaknya. Walaupun pergantian pemain dapat dilakukan baik ketika bola basih hidup maupun bola dalam posisi keluar lapangan, namun perlu diperhatikan ketentuan sebagai berikut:
1. Pemain yang ingin menggantikan pemain lainnya yang tengah bertanding di dalam lapangan harus berada pada posisi atau wilayah pergantian pemain dalam zona timnya sendiri.

2. Pergantian pemain dikatakan sah apabila pemain yang ingin digantikan melakukan pergantian di wilayah pergantian pemain. Sesaat sebelum meninggalkan lapangan, ia harus berada di dalam garis wilayah pergantian pemain.

3. Proses pergantian pemain merupakan hak yuridiksi wasit yang memimpin pertandingan.

4. Proses pergantian pemain dinyatakan selesai saat pemain yang digantikan telah meninggalkanlapangan pertandingan serentak dengan masuknya pemain pengganti ke dalam lapangan pertandingan.



Sumber: Buku Pintar Panduan Futsal; Muhammad Asriady Mulyono; Penerbit laskar aksara; Jakarta; 2014

No comments:

Post a Comment