Artikel Terbaru

Wednesday, August 5, 2020

PELAKSANAAN PROGRAM PENGAJARAN

    Bila anda telah selesai menyiapkan Satpel dengan format/sistematika seperti di atas, maka anda telah membuat suatu program/bahan pengajaran yang disusun berdasarkan hasil perencanaan pengajaran yang disusun berdasarkan hasil perencanaan pengajaran semacam inilah yang selanjutnya akan dilaksanakan pada siswa-siswa di kelas.
Ada empat langkah yang dilakukan dalam kesehatan proses program pengajaran evaluasi awal, pelaksanaan pengajaran, evaluasi akhir, dan tidak lanjut.



1. Evaluasi Awal
Evaluasi awal atau pretest dilakukan sebelum pelajaran diberikan. Tujuan atau fungsinya ialah untuk mengetahui kemampuan awal siswa mengenai pelajaran yang bersangkutan.

2. Pelaksanaan Pengajaran
Selama pelaksanaan ini berlangsung, kegiatan evaluasi dilakukan oelh guru antara lain dalam bentuk kuis, tugas-tugas, observasi, dan bertanya langsung kepada siswa yenyang pelajaran yang sedang disajikan, apakah cukup jelas, dan sebagainya. Dari kegiatan evaluasi ini, guru dapat mengetahui bagian-bagian mana dari kegiatan belajar-mengajar yang tampaknya kurang efektif atau sulit dilaksankan dengan baik.

3. Evaluasi Akhir
Fungsinya ialah untuk memperoleh gambaran tentang kemampuan yang dicapai siswa pada akhir pengajaran. Jika hasil evaluasi akhir kita bandingkan dengan evaluasi awal, akan dapat diketahui seberapa jeuh efeknya atau pengaruh dari pengajaran yang telah kita berikan, di samping sekaligus dapat pula kita ketahui bagian-bagian mana dari bahan pengajaran yang masih belum dipahami oleh sebagian besar siswa.

4. Tindak Lanjut
Berdasarkan hasil-hasil evaluasi yang telah dilakukan, guru daoat merencanakan kegiatan-kegiatan tindak lanjut yang perlu dilakukan, baik berupa upaya perbaikan bagi siswa-siswa tertentu, maupun berupa penyempurnaan program pengajaran. Upaya tidak lanjut ini sangat penting dalam proses pengajaran, sebab jika tidak, kegiatan-kegiatan evaluasi yang telah dilakukan tidak akan banyak gunanya, hanya merupakan pembirisan waktu saja.
 

Sumber: Perencanaan Pengajaran;R Ibrahim, Nana Syaodih S; Penerbit rineka cipta; Jakarta; 2010

No comments:

Post a Comment