Artikel Terbaru

Monday, August 10, 2020

MEDOFIKASI DALAM PENDIDIKAN JASMANI ADAPTIF

    Seorang PDBK yang satu dengan yang lain, kebutuhan aspek yang dimodifikasi tidak sama. PDBK yang satu mungkin membautuhkan modifikasi tempat dan arena bermainnya PDBK yang mungkin membutuhkan modifikasi alat yang dipakai dalam kegiatan tersebut. Tetapi mungkin yang lain lagi disamping membutuhkan modifikasi area bermainnya juga butuh modifikasi alat dan aturan mainnya. Demikian pula seterusnya, tergantung dari jenis masalah, tingkat kemampuan dan karakteristik dan kebutuhan pengajaran dari setiap jenis PDBK.

Untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan PDBK dalam pendidikan jasmani, peran guru harus melakukan modifikasi dan penyesuaian-penyesuaian terutama mengenai sifat-sifat yang berkaitan dengan suasana dan kondisi yang dihadapi dalam pembelajaran.

Jenis dan taraf modifikasi yang dilakukan, dapat bervariasi dan disesuaikan dengan kebutuhan-kebutuhan, keterbatasan-keterbatsan yang dimiliki PDBK. Sebagai dampak dari penyesuaian tersebut akan terjadi sebagai variasi yang menambah semarak suasana pembelajaran pendidikan jasmani adaptif.

Faktor-faktor yang perlu dimodifikasi dan disesuaikan para guru dalam upaya meningkatkan dengan PDBK adalah sebagai berikut.

- Penyederhanaan penggunaan kata.

Kata yang digunakan sedapat mungkin disederhanakan sehingga lebih mudah dan cepat dimengerti oleh anak.

- Menggunakan bahasa yang bermakna tunggal.

Dalam memberikan instruksi kepada PDBK harus menggunakan kata-kata yang bermakna tunggal, terutama kata-kata yang menggunakan gerak atau tindakan. Misalnya "lari ke tonggak pertama" digunakan untuk menggantikan "lari ke tinggak pertama" dengan kata "mundur" atau "pergi ke tonggak pertama" dengan kata "mundur"

- Membuat konsep konkret

Membuat gambaran lingkaran di tanah atau di lantai merupakan contoh permainan yang disenangi oleh PDBK. Bagi PDBK penggunaan kata-kata dalam menjelaskan sesuatu kegiatan jangan diubah-ubah atau diganti. Artinya guru harus konsisten dalam menggunakan kata-kata sehingga mudah dipahami makna yang terkandung dalam kata-kata yang pernah didengar dan tersimpan dalam memorinya.


Sumber: Pendidikan Jasmani Adaptif Bagi Anak Berkebutuhan Khsusus; Hj. Yani Meimulyani, Asep Tiswara, Penerbit Luxima metro media, Jakarta, 2013

No comments:

Post a Comment