Artikel Terbaru

Tuesday, August 18, 2020

ISTILAH PEMAIN DALAM TIM FUTSAL

A. Pemain Bertahan
    Istillah ini disematkan kepada seorang pemain yang berposisi sebagai bek. Ia berada di barisan belakang di depan kiper. Pemain ini bertanggung jawab untuk menghalau bola hasil serangan tim lawan dan memastikan bola tersebut tidak sampai membahayakan wilayah pertahanan. Pemain bertahan dalam tim futsal juga bertugas membangun dari bawah sebelum kemudian disodorkan kepada pemain di posisi lainnya.


B. Pemain Sayap
    Pemain ini bertanggung jawab untuk mengalirkan bola dari pemain bertahan kepada penyerang. Zona wilayah permainannya sendiri lebih banyak difokuskan bagi sisi lapangan tanpa henti dan senantiasa membuat tim, baik saat menyerang maupun saat bertahan.


C. Pivot
    Sebetulnya pivot adalah istilah untuk penyerang yang bertugas sebagai pencetak gol. Namun pivot juga bisa menjadi penyuplai bola dan menjadi pemain pertama yang bertanggung jawab meredam serangan lawan serta memastikan serangan tidak membahayakan wilayah pertahanan.
    Seorang pivot juga harus mampu mengendalikan jalnnya pertandingan. Pivot jangan sekali-kali kehilangan bola dan selalu rajin mencari celah untuk melakukan tembakan.


D. Pemain Multi Posisi
    Pemain ini mempunyai kemampuan untuk berada di posisi menapun. Sebauh tim yang berisikan pemain seperti ini tentu menjadi tim yang sangat beruntung. Selain mampu menyisir seluruh area lapangan, pemain multi posisi ini mampu menggantikan posisi pemain lain pada kondisi mendesak.





umber: Buku Pintar Panduan Futsal; Muhammad Asriady Mulyono; penerbit laskar aksara; 2014; Jakarta

No comments:

Post a Comment