Artikel Terbaru

Wednesday, August 5, 2020

HAL-HAL YANG PERLU DIPERHATIKAN DALAM PEMILIHAN MEDIA

    Agar kegiatan belajar mengajar dapat berlangsung secara efektif dalam  mewujudkan tujuan-tujuan yang ingin dicapai, diperlukan adanya dukungan media pengajarab, baik itu media cetak, media elektronik, atau objek nyata.

Memilih media yang terbaik untuk tujuan instruksional bukan pekerjaan yang mudah. HAl ini diakui oelh mereka yang pernah berkecimpung dalam tugas itu. Memilih itu rumit dan sulit, karena didasarkan pada beberapa faktor yang saling berhubungan.
DIbawah ini dikemukakan beberapa faktor yang perlu diperhatikan dalam memilih media yang tepat.

1. Jenis kemampuan yang akan dicapai, sesuai dengan tujuan pengajaran. Sebagaimana diketahui, bahwa tujuan pengajaran itu menjangkau daerah kognitif, afektif, dan psikomototr. Bila akan memilih media pengajaran, perlu dipertimbangkan seberapa jauh medua tersebut ampuh mengembangkan kemampuan atau perilaku yang terkandung dalam rumusan tujuan yang akan dicapai.

2. Kegunaan dari berbagai jenis media itu sendiri. 
Sejenis sejenis media mempunyai nilai kegunaan sendiri-sendiri. Hal ini harus dijadikan bahan pertimbangan dalam memilih jenis media yang digunakan.

3. Kemampuan guru menggunakan suatu jenis media.
Betapa pun tingginya nilai kegunaan media, hal itu tidak akan memberikan manfaat yang optimal, jika guru kurang/belum mempu menanganinya dengan baik. Oleh karena itu, kesederhanaan pembuatan dan penggunaan media sering menjadi faktor penentu bagi guru dalam memilih media.


4. Keluwesan atau fleksibilitas dalam penggunaannya.
Dalam memilih media harus dipertimbangkan pula faktor keluwesan/fleksibilitas, dalam arti seberapa jauh media tersebut dapat digunakan dengan praktis dalam berbagai situasi dan mudah dipindahkan dari suatu tempat ke tempat lain.

5. Kesesuaiannya dengan alokasi waktu dan sarana pendukung yang ada.
Salah satu hambatan yang sering dialami dalam mengajar adalah kurangnya waktu yang tersedia, apalagi kalau kurikulum terlalu sarat isinya. Salah satu faktor yang perlu pula dipertimbangkan dalam memilih media ialah seberapa jauh penggunaan media tersebut masih sesuai dengan alokasi waktu yang tersedia bagi pengajaran yang bersangkutan.
Di samping itu, dalam memilih media pengajaran, perlu diperhatikan pula seberapa jauh penggunaannya didukung oleh sarana/prasarana yang ada seperti listrik, cahaya dan lain-lain.

6. Ketersediaannya
Apabila media yang terbaik tidak tersedia sehingga guru memilih media yang lain karena media tersebut sudah tersedia atau mudah menyediaaknnya.

7. Biaya
Guru atau lembaga pendidikan biasanya mencari media yang murah atau ekonomis, sehingga media yang paling ampuh tapi mahal jarang digunakan.

Sumber: Perencanaan pengajaran; R Ibrahim, Nana Syaodih S; Penerbit rineka cipta; Jakarta; 2010

No comments:

Post a Comment