Artikel Terbaru

Wednesday, May 11, 2016

Model Pembinaan Pendidikan Karakter Di Lingkungan Sekolah

MENGEMBANGKAN KARAKTER



Salah satu poin penting dari tugas pendidikan adalah membangun karakter anak didik. Karakter merupakan standar - standar batin yang terimplementasi dalam berbagai bentuk kualitas diri. Karakter diri dilandasi nilai - nilai serta cara berpikir berdasarkan nilai - nilai tersebut dan terwujud di dalam perilaku. Bentuk - bentuk karakter yang dikembangkan talah dirumuskan secara berbeda.

Nilai - nilai yang di kembangkan dalam pendidikan tersebut seharusnya menjadi dasar dari kurikulum sekolah yang bertujuan mengmbangkan secara berkesinambungan dan sistematis karakter siswa. Kurikulum yang menekankan pada penyatuan pengembangan kognitif dengan pengembangan karakter melalui pengambilan perspektif, , pertimbangan moral, pembuatan keputusan yang matang, dan pengetahuan yang matang, dan pengetahuan diri tentang moral. 

Disamping nilai tersebut diintegrasikan dalam kurikulum, juga yang tidak kalah penting adalah adanya role model yang baik dalam masyarakat untuk memberikan contoh dan mendorong sifat baik tertentu atau ciri - ciri karakter yang diingkan, seperti kejujuran, kesopanan, keberanian,, ketekunan, kesetiaan, pengendalian diri, simpati, toleransi, keadilan, menghormati harga diri individu, tanggung jawab untuk kebaikan  umum dan lain - lian.

Lebih spesifiknya, menurut Licksona, pendidikan yang mengembangkan karakter adalah upaya yang dilakukan pendidikan untuk membantu anak didik supaya mengerti, memedulikan, dan bertindak berdasarkan nilai - nilai etika. Anak didik bisa menilai mana yang benar, sangat memedulikan tentang yang benar, dan melakukan apa yang mereka yakini sebagai yang benar - benar walaupun ada tekanan dari luar dan godaan dari dalam.

No comments:

Post a Comment