Artikel Terbaru

Monday, March 28, 2016

DASAR - DASAR SENAM

GERAKAN SENAM LANTAI

Gerakan-gerakan pertama dalam olahraga senam lantai di pelajari di atas lantai. Gerakan senam lantai disini anda akan mengalami bagaimana perasaan tubuh dalam sikap yang berbeda - beda dalam melakukan senam lantai. Bergerak naik turun, berguling memutar, atau bergerak ke samping akan memberikan rangsangan dan pengalaman yang mengherankan. Senam memang menyenangkan.

Lantai untuk latihan harus ditutup matras setebal 3,75 cm lebar 1260 cm, panjangnya 1260 cm.


SIKAP DASAR BADAN
Ada empat sikap dasar badan.
  1. Sikap jongkok: pada sikap ini pesenam mendekatkan lututnya ke dada dan membentuk semacam bola.
  2. Sikap nungging: diperoleh dengan cara melipatkan pinggul, kedua lutut tetap lurus. Sikap ini dilakukan dengan kedua tangan menyentuh lantai.
  3. Sikap kangkang: kaki di rentangkan ke samping, badan ddan kepala tetap tegak.
  4. Lay out: berdiri pada ujung jari kaki, badab tegak dan lurus, tangan dan jari dijulurkan lurus ke atas.


Roll Depan


Anda sudah siap untuk belajar roll depan pada sikap badan jongkok,. Mulailah jongkok, tangan diangkat lurus keatas sehingga badan lurus hingga pinggul sampai ujung jari tangan. Angkatlah pinggul dan pindahkan berat badan ke depan, letakan kedua tanagn anda pada matras. Sentuhkan dagu ke dada, letakkan bahu diatas matras sambil berguling. Jagalah agar badan tetap menekuk dengankedua lutut tetap di dada dan akhirilah dengan sikap jongkok dengan kedua tangan lurus ke atas.



Back Rool (Roll Belakang)


Dimulai dengan sikap jongkok, telapak tangan menghadap ke atas, jari menunjuk ke belakang, ibu jari tangan menyentuh kepala di atas telinga. Sentuhkan dagu ke dada, gerakan pinggul ke belakang, untuk mulai berguling. Pada saat berguling ke belakang, jaga badan agar tetap tertekuk, denagn ke dua tangan menekan matras. Usahakanlah lutut menyentuh matras dan akhirilah sikap guling ke belakang ini dengan sikap jongkok.


Sikap Kesetimbangan (layang - layang)

Angkat dan luruskan satu kaki ke belakang, kepala tetap tegak dan lengkungkan punggung. Seluruh badan sebaiknya di tegangkan kuat-kuat. Pertahankan sikap kesetimbangan ini selama dua detik. Posisi tangan bebas, kaki tumpuan boleh lurus atupun dibungkukkan.



Baling-Baling (Cartweel)

Gerakan baling-baling dilakukan ke samping untuk empat hitungan. Tangan dan kaki berputar seperti baling-baling. Dimulai dengan berdiri, Kedua tangan direntangkan ke atas, telapak tangan menghadap ke depan, kepala tegak, ke dua kaki dirapatkan. Tendangkan kaki kanan lurus ke samping, dan gerakanlah ke arah matras untuk mendapatkan momentum. Lengkungkan pinggul dan lutut kanan sambil letakan tangan kanan pada matras yang di ikuti tangan kiri. Angkatlah kaki kiri ke atas dengan menghentakkan kaki kanan pada matras untuk bisa membuat sikap kangkang di atas kepala. Kembalilah dengan kaki kiri, kamudian kaki kanan, dan sebaliknya hentakan tangan anda agar bisa kembali berdiri tegak.


Pelajarilah gerakan baling-baling ini dalam dua arah dengan sikap yang baik. Ingatlah agar selalu bergantian dan hindarkanlah pinggul, kepala, bahu, lengan dan kaki melakukan gerakan memutar ke arah matras. Sangat baik bila kegiatan ini dilakukan di atas garis lurus.









No comments:

Post a Comment