Artikel Terbaru

Monday, September 21, 2020

PERALATAN APA SAJA YANG ADA DALAM PERMAINAN BOLA BAKAR

1. Bola

Bola yang digunakan adalah bola tenis, tetapi apabila anak-anak sudah pandai memukul bola, dapat digunakan bola kasti. Berat bola kasti 70 gram sampai 80 gram dengan keliling bola 19 cm sampai 21 cm. Bola tidak keras tetapi elastis.


2. Alat pemukul 

Alat pemukul terbuat dari kayu, sehingga disebut kayu pemukul. Panjang kayu pemukul seluruhnya 50 cm, panjang tempat pegangan 20 cm dan lebarnya 3-4 cm. Panjang bidang untuk memukul 30 cm dan lebarnya 5 cm, tebal kayu 1-2 cm. Bagi pemula kayu pemukul dengan lebar 10 cm kemudian berangsur dikurangi mencapai 5 cm.

3. Tiang Hinggap

Dalam permainan bola bakar diperlukan 6 buah tiang hinggap yang diberi nomor I sampai VI. Terbuat dari kayu, bambu, besi. Tinggi tiang hinggap 1,5 meter dari permukaan tanah, sebaiknya tiang hinggap di cat warna putih dan ujungnya dikaitkan bendera warna.

4. Tiang Bendera Batas

Tiang bendera batas lapangan dipancangkan pada ujung kedua garis salah, yaitu pada garis perpanjangan dari tiang hinggap I dan II serta tiang hinggap VI dan V. Untuk permainan bola bakar dibutuhkan tiang hinggap batas sebanyak 6 buah dengan ketinggian 1,5 dari permukaan tanah.

5. Alat Pembakar

Alat pembakar dapat bentuk kotak atau tabung terbuat dari bahan kayu atau seng.  Jika berbentuk kotak, ukuran panjang dan lebar 20 cm sedangkan tingginya 10 cm – 20 cm. Alat berbentuk tabung, garis tengahnya 20 cm dan tingginya 10 -20 cm.

6. Tali

Untuk Batas lapangan bisa digunakan tali rafia, selain tali dapat digunakan kapur atau dengan cara mencangkul tanah, yang lebarnya tidak lebih dari 5 cm. Untuk membuat lapangan bola bakar diperlukan tali panjangnya kurang dari 130 cm, termasuk untuk membuat tempat bagi regu pemukul yang disebut ruang bebas atau kandang, yang panjang talinya 14 meter.

7. Pen-pen Besi

Pen atau juga paku tanah, terbuat dari besi, kayu atau bambu yang panjangnya 17 cm.

8. Bendera untuk Membantu Wasit

Untuk 3 pembantu wasit dibutuhkan 3 buah bendera. Bendera berbentuk empat persegi panjang dengan panjang 30 cm dan lebar 20 cm. Bendera diikatkan pada bambu atau kayu dengan panjang 50 – 60 cm.

9. Nomor Dada

Untuk dua regu pemain dibutuhkan nomor dada sejumlah 30 pasang terbuat dari kain dan dua macam warna. Masing-masing dibuat mulai dada 1 – 15, untuk pemain inti menggunakan 1 -12, sedangkan pemain cadangan 13, 14, 15. 

10. Peluit

Untuk mengajar atau memimpin permainan, guru maupun wasit harus menggunakan peluit. Peluit hendaknya dapat berbunyi nyaring, sehingga dapat terdengar dari kejauhan.

11. Daftar Nilai

 Kertas dan perlengkapan alat tulis Karton manila dengan perlengkapan spidol.  Papan tulis dengan perlengkapan kapur dan penghapus. White-board dengan perlengkapan kapur dan penghapus.




No comments:

Post a Comment