Artikel Terbaru

Friday, August 7, 2020

WILAYAH PERGANTIAN PEMAIN PADA PERMAINAN FUTSAL

    


    Pada permainan futsal, wilayah pergantian pemain diatur lebih spesifik kendati pada proses pergantian pemain nantinya lebih fleksibel dari pada pemain dalam permianan sepakbola. Banyak terjadi kesalahan yang dilakukan oleh tim futsal yang tengah bertanding ketika melakukan pergantian pemain sehingga berbuah teguran dari wasit.

    untuk itu perlu dipahami betul bahwa wilayah maupunzona yang menjadi tempat pergantian pemain pada permainan futsalberada tepat di depan bangku tim cadangan maupun official tim itu sendiri. Pada beberapa lapangan, terutama lapangan yang belum memilikilisensi standar futsal, zona pergantian pemain ini kerap sekali tidak sesuai dengan aturan yang berlaku.

    Pergantian pemain yang dilakukan oleh suatu tim yang sedang bermain futsal dapat dilakukan berkali-kali tanpa pembatasan jumlah pemain yang masuk maupun keluar pertandingan futsal. Jika pada permainan sepakbola pergantian pemain hanya boleh dilakukan sebanyak tiga kali, dalam permainan futsal pergantian bebas dilakukan berkali-kali, tidak dibatasi. Uniknya lagi, pemain yang sudah keluar bisa masuk kembali dan bermain seperti sebelumnya. Hal ini akan dijelaskan lebih lanjut pada bab selanjutnya.

Perhatikan gambar berikut ini:


    Pada gambar tersebut dapat dilihat bahwa wilayah yang dijadikan sebagai tempat pergantian pemain berada persis di depan daerah kursi pemain cadangan. Panjang setiap wilayah pergantian pemain bagi setiap tim adalah 5 meter. Wilayah ini, pada masing-masing sisinya ditandai dengan sebauh garis. Garis ini berfungsi memotong garis pembatas lapangan sehingga diameter lebar garis tersebut berada di dalam serta di luar lapangan. Berdasarkan peraturan yang ada, lebar garis pemotong ini hanya 80 cm, dimana 40 cm-nya berada di dalam lapangan sedangkan 40 cm lainnya berada di luar lapangan.

    Sedangkan jarak antara wilayah pergantian pemain dengan garis tengah lapangan adalah sepanjang 5 meter. Hal ini dilakukan agar didapatkan keleluasaan bagi pengawas pertandingan untuk melihat situasi yang terjadi baik saat pertandingan berlangsung maupun saat pergantian pemain terjadi.

    Poin penegasan dan keputusan FIFA mengenai tempat pemain cadangan berikut official tim adalah: tempat, biasanya merupakan deretan kursi maupun lesehan pemain cadangan dan official tim berada di belakang garis pembatas lepangan. Posisinya temapt di samping zona bebas, dimana wilayah ini berada di depan meja penjaga waktu.


Sumber: Buku Pintar Panduan Futsal; Muhammad Asriady Mulyono; Penerbit laskar aksara; Jakarta; 2014

No comments:

Post a Comment