Artikel Terbaru

Thursday, August 6, 2020

SEJARAH FUTSAL

    Futsal merupakan satu di antara sekian banyak permainan yang digemari oleh pendukung di seluruh belahan dunia. Ada keasikan tersendiri yang dirasakan oelh mereka yang memainkan olehraga jenis bola besar ini. Selain mampu menciptakan suasana kebersamaan antara individu dalam satu tim, olahraga ini pun mampu menciptakan suasana kompetisi antar tim yang bertanding.

Futsal merupakan jenis permainan yang dimankan dengan segala aspek yang lebih sederhana dibandingkan sepakbola. Futsal dapat dimainkan di lapangan yang ukurannya lebih kecil dari lapangan sepakbola, dan dengan jumlah pemain yang lebih sedikit dari masing-masing tim.

Dewasa ini, futsal berkembang menjadi permainan yang digemari oleh masyarakat. Permainan yang awalnya diciptakan oleh seorang berkembangsakan Argentina ini mendapat respons besar dari masyarakat pecinta sepakbola. Bukan hanya sebagai permainan yang digemari, futsal tumbuh menjadi semacam bisnis yang menguntungkan karena permainan mayoritas dimainkan dalam ruangan tertutup, sehingga memungkinkan para pengusaha yang menggeluti bidang penyewaan lapangan tururt merasakan keuntungan dari permainan ini.

Perkembangan futsal sendiri sedikit banyak dipengaruhi oelh perkembangan sepakbola. Jika dirunut lebih jauh, sebetulnya kedua jenis permainan olahraga ini, baik teknik maupun cara bermiannya hampir sama. Kendati demikian, ada aturan-aturan dasar yang telah disetujui dalam permainan ini yang jelas berbeda satu sama lain.

Namun sebelum membahas mengenai hal tersebut, ada baiknya terlebih dahulu mengetahui pengertian futsal sebagai satu olahraga, dan bagaimana permainan yang satu ini tercipta dan mendapatkan penggemarnya di seluruh belahan dunia.

A. Apa itu Permainan Futsal

Secara sederhana, futsal dapat diartikan sebagai suatu permainan olahraga yang dimainkan oleh dua tim yang berbeda. Masing-masing tim beranggotakan lima orang pemain yang memainkan pertandingan dalam dua babak. Olahraga futsal ditunjukan untuk membentuk perpaduan individu-individu pemain yang tergabung dalam sebuah tim demi mencapai kemenangan. Kebersamaan dan kerjasama tim sangat diperlukan dalam mencapai tujuan tersebut.

Sebagai sebuah olahraga permainan, futsal diharapkan menjadi wadah bagi para pemainnya dalam meraih kesenangan yang dibalut kompetisi dan persaingan, baik antar pemain maupun tim. Sehingga dengan permainan ini, akan tercipta suasana pertandingan yang lebih seru, fair play, dan sebagai sarana dalam memasyarakatkan olahraga permainan bola di seluruh dunia.

Kata 'futsal' merujuk pada bahasa Spanyol yang dipisahkan menjadi futbal dan sala. Jika diartikan kedua kata yang menjadi dasar pemberian nama pada permainan ini maka Futbol berarti sepakbola atau permainan bola yang dilakukan di dalam ruangan. Kendatipun secara pengertian, futsal merupakan permainan bola yang dimainkan dalam ruangan tertutup, permainan ini dapat dimainkan di ruangan terbuka. Hal ini mengingat bahwa antusiasme masyarakat terhadap permainan yang satu ini begitu tinggi, namun sarana dan prasarana yang mengikuti standarisasi dalam aturan permainan ini belumlah memadai.

Hal tersebut memberi satu kesimpulan bahwa sebetulnya futsal sendiri merupakan permainan bola yang saat ini sah-sah saja dimainkan baik dalam ruangan tertutup maupun ruangan terbuka, tergantung situasi dan kondidi yang ada.

Dengan adanya permainan olahraga futsal, diharapkan para pemain mampu mengasah kemampuan bermain bola, terutama teknik dribbling yang dapat diekspos dengan leluasa. Permainan ini juga memberikan manfaat bagi sistem ketahanan tubuh karena nyaris sepanjang permainan, seorang pemain akan berlari ke segala penjuru lapangan, nyaris tanpa henti.

1. Tokoh Pencipta Futsal

Tidak seperti sejarah munculnya sepakbola yang hingga sekarang masih menjadi perdebatan di kalangan negara-negara di dunia tentang siapa dan dimana sepakbola pertama sekali diciptakan. Futsal mempunyai sejarah yang lebih jelas dan terang benderang

Adalah Juan Carlos Ceriani, seorang yang berkebangsaan Argentina namun menetap di Uruguay lah yang diakui sebagai pencipta permainan olahraga futsal. Ia sendiri dilahirakn di Buenos Aires, Argentina, pada 9 Maret 1907. Ia dikenal sebagai olahragawan serta atlet Polo Air.

Saat usianya menginjak 23 tahun, ia menciptakan sebuah permainan olahraga bola kaki mirip dengan sepakbola, yang kemudian dikenal dengan nama futsal. Meski diciptakan di Amerika Latin, futsal sendiri berasal dari bahasa Spanyol, seperti yang sudah dijelaskan.

Menurut literatur yang ada, Juan Carlos Ceriani menciptakan permaian futsal di sebuah kota di Uruguay tepatnya di kota Montevideo, yang kemudian berkembang dan terkenal ke seluruh negara-negara Amerika Selatan, terutama Brasil, sebelum akhirnya berkembang je seluruh dunia dan menjadi populer seiring dengan perkembangan permaina sepakbola.



Sumber: Buku Pintar Panduan Futsal; Muhammad Asriady Mulyono; Penerbit laskar aksara; Jakarta; 2014
 

No comments:

Post a Comment